Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3.374 Mobil Elektrifikasi Toyota untuk Olimpiade dan Paralimpiade Paris 2024

Kompas.com - 07/08/2024, 15:30 WIB
Aris F Harvenda

Editor

Paris, KOMPAS.com - Toyota global merilis 3.374 unit sustainable mobility vehicle berbasis elektrifikasi, untuk mendukung mobilitas keperluan Olimpiade Paris (26 Juni 2024 - 11 Agustus 2024) dan Paralimpiade Paris (28 Agustus 2024 - 8 September 2024).

Fasilitas tersebut dapat dinikmati oleh para atlet, staf, relawan, media, bahkan penonton yang menyaksikan Olimpiade dan Paralimpiade. Langkah tersebut sekaligus menjadi bentuk kolaborasi antara Toyota dan penyelenggara guna mengurangi kadar emisi kendaraan yang digunakan selama dua perhelatan besar itu berlangsung.

Baca juga: Tanggapan Toyota Soal Pemerintah Batal Berikan Insentif Mobil Hybrid

“Melalui inisiatif Beyond Zero, Toyota berkontribusi terhadap Paris Games 2024 Goal untuk mengurangi setengah emisi karbon dibandingkan event olimpiade sebelumnya. Kerjasama dengan Komite Olimpiade dan Paralimpiade Internasional, serta Komite Penyelenggara Olimpiade dan Paralimpiade Paris 2024, Toyota mewujudkan konsep mobilitas inklusif dan berkelanjutan yang bebas emisi untuk memastikan para atlet, staf, media, sukarelawan, dan penonton memperoleh kebebasan bergerak dengan aman dan nyaman di sekitar tempat tinggal para atlet dan venue lomba,” kata Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto, dalam keterangan tertulis (6/8/2024).

Toyota e-pullerToyota UK Toyota e-puller

Toyota mendemontrasikan 700 personal dan grup mobility products untuk memberikan kemudahan bergerak. Ada 250 unit C+walkS (duduk) dan C+walkT (berdiri), sebuah Personal Battery Electric Vehicle dengan kecepatan maksimum 6 km/jam untuk mobilitas personal di area terbatas. Guna memberikan keselamatan bagi pengemudi dan orang di sekitar disediakan pula Front Obstacle Detection System.

Kursi roda berpenggerak motor listrik, e-puller, sebanyak 200 unit, disediakan untuk memastikan para atlet memiliki akses yang mudah. Sekitar 250 unit Accessible People Movers (APM) juga dikerahkan untuk mendukung mobilisasi peserta penyandang disabilitas fisik.

Fasilitas kendaraan listrik tersebut digunakan sebagai shuttle utama di komplek Atlet Olimpiade dan Paralimpiade, serta lokasi pertandingan. Bahkan, 150 unit BEV Toyota Proace Verso yang dapat diakses kursi roda, akan tetap berada di Paris setelah Olimpiade untuk digunakan oleh masyarakat.

All New BZ4X BEV merupakan salah satu mobil listrik milik Toyota. Dok. KOMPAS.com/Adityo Wisnu All New BZ4X BEV merupakan salah satu mobil listrik milik Toyota.

Sejalan dengan strategi multi pathway, Toyota membawa 2.674 unit kendaraan penumpang fully electrified ke Paris. Sekitar 60 persen unitnya merupakan BEV yaitu Toyota bZ4X, Proace dan Proace Verso, dan Lexus RZ.

Bahkan, Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV) Mirai berbahan bakar hidrogen ikut diboyong. Toyota bekerja sama dengan Air Liquide, sebagai pemasok bahan bakar hidrogen dari sumber terbarukan.

Tak hanya Mirai, Toyota juga menghadirkan 10 jenis moda transportasi bertenaga hidrogen di Paris 2024. Termasuk 2 bus FCEV yang dikonversi khusus untuk aktivitas di arena olimpiade, truk FCEV, forklift FCEV, perahu FCEV, gerbong kereta FCEV, serta prototipe Hilux FCEV.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau