Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Zenix Hybrid Kuasai SPK Kendaraan Elektrifikasi Toyota di GIIAS 2024

Kompas.com - 01/08/2024, 12:02 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Kijang Innova Zenix menjadi mobil terlaris PT Toyota Astra Motor (TAM) dalam ajang GIIAS 2024 yang digelar selama 11 hari, di ICE-BSD, Tangerang.

Dari 6.202 unit surat pemesanan kendaraan (SPK) yang didapat, Kijang Innova Zenix mengantongi sebanyak 1.968 unit, atau 31 persen dari total pemesanan di GIIAS.

Menariknya, secara komposisi Kijang Innova Zenix Hybrid (HEV) mendominasi 75 persen dari versi konvensional atau menerima 1.305 SPK.

Baca juga: Pesona Mobil Hybrid Produksi Lokal di GIIAS 2024, Innova Zenix

Pencapaian positif Kijang Innova kemudian diikut dua model MPV di bawahnya, Avanza dan Veloz, yang terpesan 1.395 unit atau 22 persen dari total SPK Toyota.

Veloz GIIAS 2024TAM Veloz GIIAS 2024

"Semoga catatan penjualan yang positif ini dapat memperkuat penjualan Toyota dan berkontribusi besar pada peningkatan pasar otomotif nasional Indonesia di Semester II 2024," kata Vice President Director PT TAM Henry Tanoto, dalam keterangan resminya, Rabu (31/7/2024).

Secara total, pemesanan produk elektrifikasi Toyota di GIIAS tahun ini sebanyak 1.724 unit, atau 27 persen dari total SPK dan meningkat 37 persen dari total SPK yang didapat tahun lalu.

Tak hanya Zenix Hybrid, Yaris Cross Hybrid juga menerima animo yang baik dengan pemesanan sebanyak 240 unit. Demikian juga untuk Alphard, Vellfire, dan Corolla Cross Hybrid yang masing-masing mengantongi pemesanan 121 unit, 25 unit, dan 23 unit.

Baca juga: Capaian Positif Astra Financial di GIIAS 2024, Tembus 6.780 SPK

Toyota Hilux Rangga dengan aplikasi layar LED berjalan di GIIAS 2024KOMPAS.com/ADITYO Toyota Hilux Rangga dengan aplikasi layar LED berjalan di GIIAS 2024

Dengan dominasi pemesanan produk elektrifikasi selama 11 hari pameran, Marketing Director PT TAM Anton Jimmi Suwandy mengatakan, teknologi hybrid masih menjadi opsi solusi mobilitas yang relevan dan cocok digunakan di seluruh wilayah Indonesia.

"Karena itu, HEV Toyota dapat mendominasi penjualan di GIIAS 2024 mengingat pelanggan bisa berperan mengurangi emisi tanpa perlu repot merubah kebiasaan mobilitasnya. Berkat opsi yang semakin lengkap, kami berharap pasar kendaraan elektrifikasi Toyota termasuk Hybrid EV akan terus tumbuh untuk menyediakan lebih banyak cara mewujudkan netralitas karbon," ujar Anton.

Baca juga: Akhir Pekan Ini Tol Cimanggis-Cibitung Tidak Lagi Gratis


Selain itu, Toyota Hilux Rangga yang kembali hadir tanpa harga resmi juga ikut mendapat angin segar. Mobil yang akan bermain di segmen niaga ringan ini berhasil memperoleh pre-booking sebanyak 450 unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau