Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

50 Tahun Isuzu Menemani Roda Perekonomian dan Industri Otomotif Indonesia

Kompas.com - 28/07/2024, 10:12 WIB
Aditya Maulana

Editor

TANGERANG, KOMPAS.com - Industri otomotif termasuk lima sektor yang menjadi penopang pertumbuhan ekonomi di Indonesia, setelah makanan, minuman, tekstil, petrokimia, dan elektronika. Karena, selain membantu masyarakat dalam urusan bisnis, juga menggerakan roda perekonomian negara.

Salah satu produsen otomotif yang sudah lama menemani masyarakat Indonesia, yaitu Isuzu. Memasuki 2024, PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) sebagai agen pemegang merek Isuzu di Indonesia merayakan ulang tahun emas atau 50 tahun, sejak pertama berdiri di Tanah Air pada 1974.

Selama 50 tahun ini, pabrikan yang bermarkas di Tokyo selalu menemani konsumen di Indonesia dari berbagai sektor, mulai mengirimkan hasil panen sampai mengantar produk-produk siap ekspor ke berbagai negara di dunia.

Baca juga: Distribusi Solar Belum Rata, Isuzu Sebut Wacana Euro5 Kurang Tepat

“Tahun 2024 Isuzu siap menyongsong ‘tahun emas’ berupa 50 tahun di Indonesia dan terus berkomitmen untuk berinovasi demi melayani seluruh masyarakat Indonesia," tutur President Director IAMI Yusak Kristian di sela-sela Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), ICE, BSD, Tangerang beberapa waktu lalu.

Pencapaian dan kontribusinya tidak berhenti sampai disitu saja, Isuzu juga menyediakan produk dan layanan purna jual yang maksimal kepada pelanggannya di seluruh Indonesia. Bahkan mulai 2008, fokus menjalankan bisnis di industri kendaraan komersial.

Isuzu Mu-X GIIAS 2024IAMI Isuzu Mu-X GIIAS 2024

Dalam segmen ini, Isuzu menawarkan dua kategori, yaitu Commercial Vehicle (CV) dan Light Commercial Vehicle (LCV). CV terdiri dari medium pick-up Traga, light truck Elf, dan medium truck Giga, serta pick-up D-Max bersama SUV Isuzu mu-X masuk dalam kategori LCV.

Lebih detail, Giga tersedia beberapa pilihan, yaitu truk 6 ban hingga 10 ban. Mulai dari Isuzu dengan berat total kendaraan 10 ton yakni Giga FRR (wing box dan refrigerator) hingga Giga FVR bak besi, lalu tipe 10 ban Giga FVR (GVW 16 ton) dengan pilihan panjang area muat sampai 9,84 meter, hingga kebutuhan heavy duty Giga 6x4 sampai tractor head penarik trailer GXZ dengan GVW 46 ton.

Baca juga: Daftar Penghargaan Booth, Mobil, dan Motor Terfavorit GIIAS 2024

Isuzu Elf tersedia dalam tipe 4 ban (Elf NLR) termasuk pilihan mikrobus, tipe 6 ban (Elf NMR) boks maupun bak besi hingga kelas heavy duty, maupun Elf NPS 4x4 baik sebagai truk militer maupun man hauler di pertambangan.

Terakhir, Traga hadir dengan pilihan tipe Traga Pick Up, Box Aluminium, dan Blindvan. Model ini resmi dijual pada 2018 dan menjadikan Indonesia sebagai manufaktur sekaligus basis ekspor untuk kebutuhan Isuzu di pasar global.

Isuzu Traga Bus GIIAS 2024IAMI Isuzu Traga Bus GIIAS 2024

“Semua produk itu yang setia menemani konsumen Isuzu di seluruh Indonesia. Tentunya kami akan terus meningkatkan kinerja dan pelayanan terbaik kepada konsumen,” ucap Yusak.

Tak kalah penting, Isuzu juga memiliki layanan servis melalui perantaraan Bengkel Mitra Isuzu hingga on site service yang siap melayani setiap saat ke tempat customer. Layanan ini didukung ketersediaan suku cadang melalui Isuzu Parts Depo di titik-titik strategis luar Jawa demi menjangkau kota-kota terdekat.

Pasar

PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) kembali ikut serta pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 yang berlangsung di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang, Banten, Kamis (18/7/2024) hingga Minggu (28/7/2024).Dok. PT IAMI PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) kembali ikut serta pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 yang berlangsung di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang, Banten, Kamis (18/7/2024) hingga Minggu (28/7/2024).

Tentunya selama 50 tahun berkiprah di Indonesia, kondisi pasar tidak selalu berjalan mulus. Fluktuatif menjadi tantangan, namun tetap bisa dilewati dengan baik oleh Isuzu. Singkat cerita, masuk 2024 yang juga kondisi pasar sedang tidak baik-baik saja, karena kondisi politik domestik dan global, Isuzu berhasil meningkatkan pangsa pasar.

Mengacu pada data yang dirilis Isuzu, periode Januari-Juni 2024, Isuzu berhasil memperoleh pangsa pasar 31,7 persen. Hasil itu justru naik 4,8 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun lalu, padahal kondisi pasar sedang turun.

Baca juga: BYD M6 Jadi Mobil Paling Banyak Dicoba di GIIAS 2024

“Kami tetap merasa optimistis penjualan tahun ini bisa lebih baik, sejalan dengan usia perusahaan yang memasuki 50 tahun, dan menerapkan strategi Triple Action, yang berfokus pada produk yang fit, spare part availability, serta menambah part depo,” tutur Yusak.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau