Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perhatikan Ini jika Ingin Ganti Pelek Mobil

Kompas.com - 15/06/2024, 14:12 WIB
Muh. Ilham Nurul Karim,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Modifikasi mobil sering kali melibatkan perubahan ukuran pelek untuk meningkatkan penampilan. Namun, terkadang tidak memperhatikan ukuran ban yang tepat, jadi bisa berdampak negatif pada kenyamanan dan keselamatan berkendara.

Diwan, pemilik bengkel Eurovolution yang berlokasi di Condet, Jakarta Timur, memberikan saran penting mengenai modifikasi pelek dan ban.

"Sebenarnya bisa saja diakali. Misalnya, pelek standarnya 16, mau diganti pelek 20, bisa. Maka, ban harus tipis," kata Diwan kepada Kompas.com di Jakarta Timur, Jumat (14/6/2024).

Baca juga: Suzuki Swift Tampil Agresif dengan Wide Body Kit

Ia menekankan bahwa meskipun peningkatan ukuran pelek dapat dilakukan, penting untuk menyesuaikan ukuran ban agar tetap aman.

"Misalnya, pelek ring 20 dengan lebar 9 atau 10 inci. Untuk ban depan, gunakan ukuran 225/35, dan untuk ban belakang gunakan ukuran 255/30. Jadi, bannya harus tipis," katanya.

Ban profil tipis.HSR Ban profil tipis.

Penggunaan ban dengan profil tipis ini diperlukan untuk menghindari gesekan antara ban dan komponen kendaraan lainnya, serta untuk menjaga performa dan keamanan mobil.

Baca juga: Komparasi Yamaha NMAX Turbo Tech MAX dengan Honda PCX ABS

Dengan menggunakan ban yang lebih tipis, pengendara dapat memastikan bahwa perubahan ukuran pelek tidak mengganggu kenyamanan berkendara dan tetap aman di jalan.

Modifikasi yang tepat akan memberikan tampilan yang diinginkan tanpa mengorbankan performa kendaraan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com