Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Efek kalau Mobil Pakai Ukuran Ban Lebih Besar dari Standar?

Kompas.com - 11/06/2024, 19:21 WIB
Muh. Ilham Nurul Karim,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memakai ban mobil dengan ukuran lebih besar biasanya digemari oleh banyak pecinta modifikasi mobil.

Ban besar dan pelek besar memberikan tampilan yang lebih gagah dan sporty pada mobil, menjadikannya daya tarik tersendiri.

Namun, memasang ban mobil dengan ukuran lebih besar berdampak pada berbagai aspek performa dan keselamatan berkendara.

Baca juga: VinFast Masuk Daftar 100 Perusahaan Paling Berpengaruh di Dunia

Menurut Efo, pengelola Warna-Warni Ban di Jakarta Selatan, dalam memilih ban mobil, ada aturan yang sebaiknya perlu dipertimbangkan. Hal ini dilakukan demi menjaga keseimbangan dan keselamatan berkendara.

"Kalau mau modifikasi ban, sebaiknya naiknya enggak drastis dari standar pabrik, misalnya ban dari ukuran 205/55 R16, maka peningkatan ukuran menjadi 215/55 R16 atau 205/60 R16 ," kata Efo kepada Kompas.com pada Selasa (11/6/2024).

Memilih ban mobil dengan ukuran yang tak sesuai standar, akan berpengaruh pada performa mobil.Multistrada Memilih ban mobil dengan ukuran yang tak sesuai standar, akan berpengaruh pada performa mobil.

Efo mengatakan, mengganti ban dengan ukuran yang jauh dari standar tentu akan mengganggu handling dan stabilitas mobil, terutama saat bermanuver atau berkendara dengan kecepatan tinggi.

Baca juga: Yamaha NMAX Turbo Sudah Bisa Dipesan, Booking Fee Rp 1 Juta

Selain itu, pemasangan ban yang lebih besar memerlukan penyesuaian pada sistem rem.
Rem harus mampu menangani beban tambahan untuk memastikan efektivitas pengereman. Selain itu juga akan berdampak pada efisiensi BBM.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com