Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Race 2 Japan Cup Sportsland Sugo, TGRI Berhasil Juara

Kompas.com - 10/06/2024, 07:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

SUGO, KOMPAS.com - Tim Toyota Gazoo Racing Indonesia (TGRI) berhasil memenangkan Race 2 Japan Cup Round 1 di Sportsland Sugo, Minggu (9/6/2024). Berada di kelas GT4, Haridarma Manoppo (Hari) dan Seita Nonaka memimpin sejak start pakai GR Supra GT4 Evo.

Memang untuk Race 2, Nonaka jadi pebalap pertama yang ada di balik kemudi dan memulai dari pole position. Berbeda dari Race 1, buat balapan kedua ini setelan suspensi sudah diganti, jadi pas buat balapan jarak panjang.

Nonaka sejak start langsung memberi jarak yang jauh dengan pebalap di belakangnya. Setelan suspensi yang tepat sepertinya bikin Nonaka percaya diri, terus memimpin dan memperlebar jarak.

Baca juga: Akibat Kasus Tewasnya Pemilik Rental, Pengajuan Sewa Mobil Makin Ketat

Tim Toyota Gazoo Racing Indonesia berhasil menang Race 2 Japan Cup Round 1 di Sportsland Sugo KOMPAS.com/FATHAN Tim Toyota Gazoo Racing Indonesia berhasil menang Race 2 Japan Cup Round 1 di Sportsland Sugo

Masuk ke menit 30-an, Nonaka masuk ke pit buat bergantian dengan Hari. Saat keluar pit, Tim TGRI masih memimpin buat kategori GT4.

Setelan mobil yang sudah lebih baik pun membuat Hari bisa bertahan di depan dan menjaga jarak. Bahkan sampai finis, Hari tetap berada di depan dengan jarak waktu 11 detik.

Race 2 memang jadi momen kembalinya TGRI setelah Race 1 yang tidak memuaskan. Direktur TGRI Dimitri Fitra Ditira mengatakan masalah di Race 1 sudah ditemukan, ada di bagian suspensi.

Hasil Race 1 Toyota Gazoo Racing Indonesia di Japan Cup Sportsland Sugo, finis keempat belum sesuai harapanKOMPAS.com/FATHAN Hasil Race 1 Toyota Gazoo Racing Indonesia di Japan Cup Sportsland Sugo, finis keempat belum sesuai harapan

"Ternyata buat kualifikasi bagus tapi saat balap kurang. Ini kan jarak panjang (satu jam), bukan sprint. Salah set up (suspensi) pengaruhnya banyak banget," kata Fitra kepada Kompas.com, Minggu (9/6/2024).

Baca juga: Bolehkah Pindahkan Tuas Transmisi Manual Tanpa Injak Kopling?

Kesalahan setelan suspensi di Race 1 membuat ban cepat panas. Selain itu juga mobil jadi tidak nurut, cenderung understeer saat masuk dan keluar belokan.

"Alhamdulillah bisa menyelesaikan masalah di Race 1. Kita lakukan set up untuk Race 2 dan berhasil, starategi berhasil, pebalap juga balap dengan sangat baik," kata Fitra.

Hasil yang baik ini membuat TGRI siap menyambut Round 2 yang berlangsung dua pekan lagi di Fuji Speedway. Kombinasi Hari dan Nonaka di Tim TGRI tampil kuat pakai GR Supra GT4 Evo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com