Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Akibatnya jika Mobil Tidak Rutin Ganti Busi

Kompas.com - 07/06/2024, 11:12 WIB
Selma Aulia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Busi merupakan komponen penting dalam proses pembakaran, jika tidak berfungsi dengan baik maka akan muncul berbagai masalah serius pada kinerja mobil.

Maka dari itu, busi perlu diganti secara teratur sesuai jadwal yang direkomendasikan oleh pabrikan mobil.

Baca juga: Sleeper Bus Milik PO Zafa Trans Layani Trayek Makassar - Mamuju

Penggantian busi secara tepat waktu tidak hanya memastikan mesin bekerja dengan optimal, tetapi juga membantu mencegah kerusakan yang lebih parah.

Muchlis, Pemilik Bengkel Spesialis Toyota Mitsubishi, Garasi Auto Service mengatakan, busi mobil yang terlalu lama tidak diganti bisa membuat kinerja mobil tidak optimal.

Seiring pemakaian busi mobil bisa kotor dan harus dibersihkanKompas.com/Erwin Setiawan Seiring pemakaian busi mobil bisa kotor dan harus dibersihkan

“Efek busi terlalu lama tidak diganti pastinya pengapian tidak bagus, sehingga pembakaran tidak sempurna,” kata Muchlis kepada Kompas.com, Kamis (6/6/2024).

Muchlis juga mengatakan, jika pembakaran tidak sempurna maka tenaga jadi tidak ada dan bisa membuat boros bahan bakar.

Sebelumnya, Muchlis mengatakan, untuk jadwal penggantian busi mobil berbeda-beda tergantung spesifikasi kendaraan.

“Tiap mobil beda-beda, busi resistor atau non-iridium rata-rata ganti setiap 20.000 kilometer, ini biasanya untuk Avanza lama, Rush lama, dan Agya lama. Sementara, 40.000 kilometer untuk Innova, Yaris, dan Vios lama. Kalau yang iridium 1000.000 kilometer ganti,” kata Muchlis.

Baca juga: PO Agra Mas Berikan Diskon Tiket Bus Rp 80.000


Foreman Nissan Bintaro, Ibrohim mengatakan, busi yang lama tidak diganti akan membuat celah busi makin lebar sehingga bisa membuat bunga api menjadi lebih kecil, dan perfoma mesin menurun.

“Celah busi akan semakin lebar dan memperkecil percikan api, sehingga campuran bahan bakar dan udara membutuhkan waktu lebih lama untuk terbakar sempurna. Akibatnya performa mesin menurun,” kata Ibrohim.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com