Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Waktu yang Tepat untuk Ganti Busi Motor

Kompas.com - 31/05/2024, 11:12 WIB
Selma Aulia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Busi menjadi salah satu komponen penting yang sangat berpengaruh pada mesin sepeda motor, sehingga perlu dilakukan penggantian secara berkala.

Sayangnya, masih banyak pemilik motor yang tidak mengetahui kapan waktu untuk mengganti busi.

Edi, Kepala Bengkel Honda AHASS Kalioso, Karanganyar mengatakan, untuk perawatan busi dilakukan setiap kali motor di servis.

“Setiap kali servis itu pasti dicek kondisi businya, apakah masih bagus atau sudah perlu diganti,” kata Edi saat ditemui Kompas.com, Kamis (20/5/2024).

Baca juga: Punya Mobil Hybrid, Jangan Asal Pakai Oli Mesin

Ilustrasi busi motor yang sudah rusak akibat mesin overheatingKompas.com/Daafa Alhaqqy Ilustrasi busi motor yang sudah rusak akibat mesin overheating

Edi mengatakan, pengecekan busi secara berkala ini bisa dilakukan setiap 2.000 kilometer atau saat servis rutin, dan penggantian busi sesuai jadwal adalah setiap 8.000 kilometer

“Jadi penggantian secara aturan busi diganti setiap 8.000 km, namun ini juga akan dicek juga saat servis rutin,” kata Edi.

Edi juga mengatakan, ada beberapa efek yang akan timbul jika busi motor sudah waktunya ganti.

Baca juga: Ingat, Mobil Matik Mogok Tidak Boleh Ditarik


“Yang dirasakan di sepeda motor ketika busi sudah mau mati yaitu tarikan terasa ngadat atau tidak responsif dan bahan bakar menjadi boros,” kata Edi.

Oleh karena itu, untuk menjaga performa motor dan efisiensi bahan bakar, penting bagi pemilik sepeda motor untuk memeriksa dan mengganti busi sesuai jadwal yang dianjurkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com