Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Bus Dilempari Batu di Jalan Tol Semarang-Batang

Kompas.com - 02/06/2024, 16:22 WIB
Selma Aulia,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Beredar video yang memperlihatkan 4 rombongan bus dilempari batu di Jalan Tol Semarang-Batang.

Video yang diunggah oleh akun Instagram @explorebuslovers, Minggu (2/6/2024), terlihat kaca bus pecah akibat dilempari batu oleh oknum tidak bertanggung jawab.

“Lagi dan lagi, aksi pelemparan batu di Tol. Terjadi di bis SMAN 2 Cibinong korban lempar jumroh tol semarang-batang. Ada 4 bis yang di lempar 2 bis kaca pecah yang lain bodynya,” tulis akun tersebut.

Dalam unggahan tersebut, beberapa warganet berkomentar jika kejadian tersebut adalah salah sasaran.

Baca juga: Hyundai Umumkan Harga Palisade XRT, mulai Rp 900 Jutaan

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by @explorebuslovers

“Akibat salah satu suporter, psywar nantang suporter lain, eh pas brangkat busnya nyamar pake stiker rombongan ziarah dan study tour, akhirnya bus yang bener2 study tour dan ziarah jadi korban salah sasaran.. Next buat suporter kalau Aways, dan nantangin suporter lawan pas berangkat jangan nyari jadi peziarah dan study tour, kasian masyarakat umum jadi korban,” tulis akun fahriachmad25.

“Mungkin salah sasaran. Itu yg lagi rame sepak bola final kemarin yg main di madura. Kan jalanan tol semarang, solo, surabaya mencekam. Banyak bis jadi korban salah sasaran kok di berita,” tulis akun dullohtattsuya.

Terlepas dari motif pelemparan batu pada bus, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, mayoritas aksi pelemparan batu kepada bus kerap dilakukan malam hari bukan saat siang.

Sony menyarankan, supaya terhindar dari risiko kaca pecah akibat lemparan batu, cara idealnya adalah dengan melapisi kaca dengan kaca film.

“Tujuannya supaya tidak sampai melalui para penumpang dan pengemudi,” kata Sony kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Yamaha Cup Race Kembali Digelar Tahun Ini

Sementara, Pemilik PO SAN, Kurnia Lesani Adnan atau yang akrab disapa Sani mengatakan, pelemparan batu ke bus sudah terjadi sejak dulu, namun tujuannya berganti seiringnya zaman.

Area kemudi sopir bus AKAPKOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Area kemudi sopir bus AKAP

“Yang saya tahu, dulu melempar batu ke bus itu tujuannya agar bus berhenti lantas dirampok. Berjalannya waktu, melempar batu ini menjadi cara masyarakat protes,” kata Sani kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Namun, saat ini melempar batu ke bus sudah menjadi kegiatan iseng sematan dan pasti membahayakan banyak orang.

“Saat ini menurut saya, melempar batu ke bus sudah menjadi penyakit masyarakat. Hal ini menjadi kegiatan iseng yang dilakukan anak-anak kecil di daerah yang dilalui bus,” kata Sani.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com