Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Listrik Neta V-II Resmi Diproduksi Lokal

Kompas.com - 31/05/2024, 11:37 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Neta Auto Indonesia, resmi melakukan produksi lokal secara Completely Knocked Down (CKD) pada Jumat (31/5/2024).

Perakitan perdana untuk model terbaru Neta V-II yang telah diluncurkan pada Rabu (22/5) lalu, dilakukan di pabrik PT Handal Indonesia Motor di Pondok Ungu, Bekasi, Jawa Barat.

Langkah ini dilakukan Neta untuk mendukung program pemerintah dalam meningkatkan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) sekaligus menandai tonggak penting dalam upaya Neta untuk memperkuat posisinya di pasar mobil listrik Indonesia.

Baca juga: Lagi, Honda Tambah Layanan Bodi dan Cat

Neta V resmi diproduksi di IndonesiaKompas.com/Nanda Neta V resmi diproduksi di Indonesia

Kong FanLong, Co-founder & Co- President of Neta Auto mengatakan, tahap awal produksi massal mobil listrik Neta V-II secara CKD ini menjadi sejarah penting bagi Neta, karena telah berhasil untuk melakukan ekspansi di Indonesia.

“Kami percaya bahwa langkah ini tidak hanya akan memperkuat posisi kami di pasar, tetapi juga memberikan kontribusi signifikan terhadap perkembangan industri otomotif di Tanah Air,” ucap FanLong, Jumat (31/5/2024).

Neta V-II sebagai line up terbaru tidak hanya diproduksi secara lokal, namun juga telah memiliki TKDN sebesar 44 persen berkat dukungan PT Gotion Green Energy Solutions Indonesia sebagai penyuplai baterai Lithium Ferro-Phosphate (LFP) ramah lingkungan.

Neta V resmi diproduksi di IndonesiaKompas.com/Nanda Neta V resmi diproduksi di Indonesia

Sejak diperkenalkan pada pameran Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2024 lalu, Neta V-II berhasil mencatat SPK hingga 200 unit.

“Pencapaian ini menjadi langkah konkret Neta, dalam memenuhi regulasi pemerintah terkait penggunaan komponen lokal, serta mendorong perkembangan industri komponen dalam negeri,” ucap FanLong.

Baca juga: Penjualan Kia Carnival Ditarget 30 Unit Sebulan

Dengan dimulainya produksi perdana ini, Neta berharap dapat memenuhi permintaan pasar akan mobil listrik yang pintar serta ramah lingkungan untuk jangka panjang.

Ke depannya, produsen mobil listrik asal negeri Tiongkok ini juga berharap pabrik ini dapat menjadi basis produksi untuk mendukung ekspor produk Neta dari Indonesia ke seluruh dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com