Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Bus Listrik Tingkat BYD, Bakal Mengisi Jalanan London

Kompas.com - 29/05/2024, 10:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - BYD divisi niaga punya lini produk bus listrik yang beragam. Paling baru adalah BYD eBus BD11, bus listrik tingkat yang dibuat khusus buat di jalanan London, Inggris.

Bus tingkat spesial dari BYD tersebut memiliki dimensi panjang 10,9 meter, lebar 2,55 meter dan tinggi 4,3 meter. Model busnya pakai single axle, berbeda dengan di Indonesia yang semua bus tingkat memakai double axle di belakang.

Dikutip dari laman BYD Europe, eBus BD11 punya kabin yang lega, bisa memuat sampai 90 penumpang sekali jalan. Susunan baterainya juga ringkas, membuat kabin makin lega, tdak mengganggu penumpang.

Baca juga: MPV BYD Tertangkap Kamera, Sudah Setir Kanan

Bus tingkat listrik BYD eBus BD11BYD EUROPE Bus tingkat listrik BYD eBus BD11

Soal baterai, memakai teknologi Blade ala BYD dengan kapasitas mencapai 532 kWh. Lalu, bus tingkat tersebut juga dilengkapi dengan sistem keselamatan yang lengkap, dari Advanced Emergency Braking System (AEBS), Driver Drowsiness and Attention Warning (DDAW), Blind Spot Monitoring (BSM).

Bukan itu saja, ada juga Forward Collision Warning (FCW) dan Intelligent Speed Assistance (ISA). Jadi pengemudi selain bisa diawasi, dapat dibantu juga selama mengemudi.

Soal tenaga, eBus BD11 dilengkapi dengan dua motor listrik dengan kekuatan 150 kW dan torsi 600 Nm. Modelnya ada di hub roda agar tenaga yang disalurkan lebih efisien dan minim perawatan, serta menurunkan bobot.

Baca juga: Kia Carnival Terbaru Siap Meluncur Siang Ini


Kemudian, BYD klaim kalau bus listriknya bisa dicas sampai berkekuatan 500 kW. Maka, waktu pengecasan bisa lebih singkat, dari 0-100 persen cukup dua jam saja, memaksimalkan operasional bus.

Sayangnya, bus tingkat seperti ini belum bisa masuk Indonesia. Pertama dimensinya terlalu tinggi dan kurang panjang. Tapi BYD punya sasis bus listrik tronton yang bisa saja nanti digunakan, GVW-nya mencapai 26 ton, cocok buat bus tingkat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com