Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Mobil Ugal-ugalan di Jalan Tol, Hampir Senggol Kendaraan Lain

Kompas.com - 25/05/2024, 09:42 WIB
Selma Aulia,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Viral di media sosial yang memperlihatkan sebuah mobil low cost green car (LCGC) Toyota Calya melaju dengan ugal-ugalan di jalan tol.

Dalam video yang diunggah akun Instagram @lowslowmotif, Jumat (24/5/2024), terlihat Toyota Calya ugalan-ugalan seperti ingin pindah jalur dan mau menabrak Nissan March.

“Calya ugal-ugalan udah dari pondok gede mau senggolan sama March di tol cawang, udah disamper juga tapi pergi. Di kejar lagi langsung di hadang, eh kabur,” tulis dalam video tersebut.

Baca juga: Hyundai Palisade XRT Sudah Bisa Dipesan, Dikirim Awal Juni 2024

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Lowslowmotif (@lowslowmotif)

 

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia, mengatakan, berkendara zig-zag di jalan tol tidak pantas dilakukan dan bisa mengancam keselamatan pengendara lain.

“Jaraknya kadang-kadang terlalu mepet, orang lain tidak siap mengurangi kecepatan. Atau parahnya, kaget dan menyebabkan tabrakan beruntun,” kata Sony kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Hasil Practice MotoGP Catalunya 2024, Aleix Tercepat

Pindah lajur atau mendahului kendaraan lain membutuhkan perhitungan yang matang. Pihak-pihak yang terlibat saling memahami dan menguasai kendaraan, ada ruang untuk bermanuver aman, serta menyesuaikan dengan kondisi lalu lintas.

“Di jalan raya apalagi melaju di ruas tol, sopan santun antarpengendara yang ditanamkan. Kita celaka sendiri, tapi orang lain jadi korban kan kira-kira bagaimana?," kata Sony.

"Sah-sah saja pindah jalur, tapi tahu diri. Etika perlu, diukur, istilahnya, tahu batas aman, dan bahaya,” lanjut Sony.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com