Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Baru Toyota Tak Bergantung dengan Insentif Hybrid

Kompas.com - 06/05/2024, 13:41 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota ditengarai tengah mempersiapkan mobil hybrid baru. Namun, pemegang penjualan mobil tertinggi di Tanah Air itu enggan mengungkap model yang dimaksud.

Rumor berkembang Toyota menahan peluncuran menunggu realisasi wacana pemerintah yang disebut tengah mengkaji program insentif untuk pembelian mobil hybrid electric vehicle (HEV) di dalam negeri.

Baca juga: Syarat dan Biaya Resmi Perpanjangan STNK Tahunan dan 5 Tahunan

Vice President Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Henry Tanoto membantah kabar tersebut dan mengatakan alasan peluncuran produk baru ialah studi bukan dari faktor luar.

Toyota All New Avanza-Veloz sendiri mencatatkan total penjualan 11.762 unit atau 15,5 persen dari total pasar otomotifVIO Toyota All New Avanza-Veloz sendiri mencatatkan total penjualan 11.762 unit atau 15,5 persen dari total pasar otomotif

"Tidak dong, tidak seperti itu jadi kalau kita kan hybrid ini kan selalu melakukan studi kebutuhannya sebenarnya. Seperti tadi yang saya bilang," kata Henry di Bandung, Jawa Barat, belum lama ini.

Henry mengatakan, lagi pula hybrid bukan satu-satunya cara perusahaan berkontribusi dalam kegiatan mengurangi emisi.

Toyota punya program multi pathway, yaitu menawarkan berbagai produk dalam hal ini mobil ramah lingkungan, mulai dari mobil listrik (BEV), mobil hybrid (HEV), plug-in hybrid (PHEV), dan mobil hidrogen/ Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV).

Baca juga: Alasan Toyota Perlu Ada Insentif Hybrid

Namun, di sisi lain, Henry tidak menampik bahwa intensif hybrid dapat mempercepat perpindahan masyarakat dari mobil bensin pembakaran dalam (ICE) ke moda yang lebih ramah lingkungan.

All New Alphard Hybrid sumbang penjualan tinggi untuk Toyota selama GIIAS 2023Kompas.com/Daafa Alhaqqy All New Alphard Hybrid sumbang penjualan tinggi untuk Toyota selama GIIAS 2023

Baca juga: Ganti Satu Set Sekaligus, Cek Harga Ban Mobil per Mei 2024

Sebab, katanya, mobil hybrid juga sejalan dengan program ramah lingkungan, yaitu bahan bakar lebih irit sehingga pada akhirnya penurunan emisi gas buang.

"Kalau masalah terkait dengan insentif pemerintah juga saya banyak baca ada statement dari pemerintah juga terkait itu ya," kata Henry.

"Jadi posisinya Toyota juga sebenarnya kita ya senang kita mendukung untuk adanya insentif hybrid yang tak lain untuk bisa membuat akselerasi konsumen pindah dari ICE ke hybrid itu bisa lebih cepat," kata Henry.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com