Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Toyota Rakit Mobil Listrik Sendiri di Indonesia?

Kompas.com - 05/05/2024, 14:41 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota bZ4X meluncur pada akhir 2022. Toyota menyebut kehadiran bZ4X merupakan salah satu komitmen perusahaan dalam memasuki era elektrifikasi.

Hingga kini bZ4X masih impor Jepang dan belum dirakit lokal. Harga mobil listrik Toyota pertama di Indonesia tersebut tembus Rp 1 miliar.

Baca juga: Diklaim Terbesar di ASEAN, PEVS Bakal Kolaborasi Lagi dengan Asia Bike

Vice President Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Henry Tanoto mengatakan, belum bisa mengonfirmasi kapan Toyota akan memproduksi mobil listrik di pabrik Indonesia.

All New BZ4X BEV merupakan salah satu mobil listrik milik Toyota. Dok. KOMPAS.com/Adityo Wisnu All New BZ4X BEV merupakan salah satu mobil listrik milik Toyota.

"Jadi kalau untuk lokal kita tentu saja dengan di sana ada pemerintah ada ada aturan juga ya. Nah yang CBU dan lokal gitu," kata Henry di Bandung, Jawa Barat, belum lama ini.

"Jadi kita juga sangat mempelajari karena kita juga ingin bisa berpartisipasi mendukung regulasi pemerintah," kata Henry.

Namun demikian secara samar Henry mengatakan, pihaknya bertujuan untuk menambah model mobil listrik dalam waktu beberapa waktu ke depan.

Toyota BZ4X mejeng di IIMS 2024Kompas.com/Daafa Alhaqqy Toyota BZ4X mejeng di IIMS 2024

Baca juga: Ada Motor Listrik Wuling di Asiabike Jakarta

Namun dia tidak bisa menyebut kapan model apa dan kapan mobil listrik Toyota diproduksi secara lokal.

"Nanti kita kasih tahu kalau udah pasti tapi yang pasti kita memperhatikan itu," katanya.

"Jadi kita sekarang CBU dan kita akan tambahkan lagi modelnya, pasti model BEV dalam dua tahun ini akan nambah, dan untuk studi apa local production dan juga kita on going ya tadi berkaitan dengan strategi kita di BEV," katanya.

BZ4X pertama kali dipamerkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Agustus 2022 dan meluncur pada November 2022. Mobil ini jadi kendaraan VIP yang digunakan pada KTT G20 Bali pada 15-16 November 2022 .

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com