Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BRIN Kembali Gelar Pameran Kendaraan Listrik IEMS, Cek Jadwalnya

Kompas.com - 29/04/2024, 12:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Merayakan ulang tahun ketiga, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menggelar kick off Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2024, di Kawasan Thamrin, Minggu (28/4/2024).

Sama dengan tahun lalu, IEMS kelima juga akan diintegrasikan dengan ajang Indonesia Reseach and Innovation Expo 2024 (InaRI Expo 2024), yang merupakan rangkaian acara dari Hari Kebangkitan Teknologi Nasional ke-29 yang diperingati pada 10 Agustus 2024.

Kepala BRIN Laksana Tri Handoko mengatakan, IEMS bertujuan mengakselerasi pembangunan ekosistem kendaraan listrik dan menjadi wadah bagi para pelaku industri dan komponennya, untuk terus berkomitmen mensosialisasikan inovasi dan teknologi terkini kepada masyarakat.

"Terkait hal itu, BRIN mengajak seluruh stakeholders, produsen, industri dan perusahaan pendukung kendaraan listrik berbasis baterai (full electric vehicle) untuk berpartisipasi menyukseskan IEMS 2024," ucap Handoko, dalam keterangan resminya, Minggu (28/4/2024).

Baca juga: Menu Motor Listrik Subsidi di bawah Rp 10 Juta

Tak hanya pameran, acara ini juga akan berisi seminar, product presentation, workshop, test drive and ride kendaraan listrik, serta konvoi kendaraan listrik “Langit Biru”.

kick off Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2024BRIN kick off Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2024

Menurut Handoko, IEMS 2024 yang akan berlangsung pada 8-11 Agusuts 2024 di Gedung ICC, Kawasan Sains dan Teknologi Soekarno, BRIN Cibonong dengan konsep indoor dan outdoor, juga menjadi platform untuk melakukan penjualan atau transaksi kendaraan listrik.

"IEMS 2024 juga akan memberikan berbagai apresiasi atau penghargaan bagi para peserta pameran sesuai kategori. Hal ini untuk mendorong para produsen kendaraan listrik, sebab sudah banyak diproduksi oleh produsen lokal. Khususnya untuk roda dua," katanya.

Baca juga: Sudah Banyak Mobil Listrik Murah di Pasar, Daihatsu Soroti Edukasi

Sementara itu, Irwan Rahman, Direktur Promosi PT MURTILA Promosindo menyampaikan, acaranya menjadi bentuk dukungan terhadap prakarsa pemerintah dalam pembangunan dan pembinaan di sektor transportasi berbasis kendaraan listrik.

Test ride dan test drive kendaraan listrik di IEMS 2023Kompas.com/Donny Test ride dan test drive kendaraan listrik di IEMS 2023

IEMS juga bertujuan membuka peluang untuk kerja sama antara pemerintah pusat, pemda, industri otomotif nasional, dan industri pendukung kendaraan listrik di Indonesia melalui skema bisnis dan investasi yang saling menguntungkan.

"Semoga IEMS 2024 dapat memfasilitasi transfer pengetahuan dan pertukaran teknologi kendaraan listrik, baik di tingkat nasional dan internasional," ucap Irwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com