Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor dengan Keyless, Jangan Lupa Tekan Tombol Ini pada Kuncinya

Kompas.com - 21/04/2024, 19:41 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Motor matik alias skutik lansiran terbaru umumnya sudah dibekali teknologi smart key. Fungsinya tidak hanya untuk mematikan atau menghidupkan mesin, tapi juga jadi pengaman tambahan.

Selain beberapa poin di atas, modul smart key ternayat memiliki fitur lain yang belum banyak diketahui pengguna, yakni untuk memutus arus listrik dari aki motor secara total.

Fitur ini punya beberapa keunggulan, dengan terputusnya aliran listrik, aki tidak akan bekerja secara terus menerus dan hanya berfokus pada komponen vital saja, seperti alarm motor.

Anto Hananto, Kepala Bengkel AHASS 88 menjelaskan, cara mengaktifkan fitur ini cukup mudah, pengguna hanya perlu menekan tombol paling bawah di sensor smart key selama beberapa waktu, hingga muncul kedipan indikator berwarna merah.

Baca juga: Tukang Parkir Mini Market, Tiba-tiba Nongol Saat Konsumen Keluar

Modul smart key ditekan hingga merah, bisa memutus aliran listrik akiKompas.com/Daafa Alhaqqy Modul smart key ditekan hingga merah, bisa memutus aliran listrik aki

“Kalau sudah merah, arus listrik dari aki bakal disetop oleh ECM (engine control module). Ibaratnya seperti mematikan saklar,” ucapnya kepada Kompas.com di Tangerang, Minggu (21/4/2024).

Ketika motor hendak dinyalakan, pengguna cukup menekan tombol serupa selama beberapa saat sampai indikator hijau menyala. ECM akan kembali merespon sensor dan arus listrik berjalan normal.

Menurut Anto, kebiasaan ini cukup mempengaruhi usia aki motor. Masa pakainya jauh lebih lama, karena tegangan boros bisa diminimalisir.

“Lumayan bagus efeknya, setidaknya buat pemakaian jangka panjang. Aki itu makin awet kalau arusnya tidak boros,” ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com