Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arus Balik, Kakorlantas Minta Pemudik Jaga Emosi dan Toleransi

Kompas.com - 14/04/2024, 11:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri beserta pihak Jasa Marga dan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), mulai membuka aturan rekayasa lalu-lintas Arus Balik Mudik, Sabtu (13/4/2024).

Pembukaan ini dilakukan di Km 414 Tol Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah, dan akan diberlakukan skema one way alias satu jalur hingga Km 72 Tol Cikampek-Palimanan (Cipali).

Baca juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Amerika 2024, Vinales Pole Position

Kepala Korlantas Polri (Kakorlantas) Irjen Pol Aan Suhanan mengimbau kepada para pemudik agar menjaga toleransi dengan sesama pengendara lain.

Suasana di dermaga 1 Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten saat arus mudik Lebaran 2024.KOMPAS.COM/RASYID RIDHO Suasana di dermaga 1 Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten saat arus mudik Lebaran 2024.

Aan meminta agar para pemudik menjaga emosi agar tetap stabil.

“Terakhir jaga toleransi saling memahami dan menghormati karena biasanya orang abis mudik ini sudah lelah aktivitas," ujar Aan dilansir dari Korlantas Polri, Minggu (14/4/2024).

"Jangan sampai ini tempramental di jalan silahkan bertoleransi dengan para pengguna yang lain mudah-mudahan perjalanan ke barat ini bisa selamat lancar sampai ke tempat tujuan,” tutur Aan.

Baca juga: Jadwal MotoGP Amerika 2024, Sprint Race Digelar Pagi Ini

Ratusan kendaraan pemudik yang tertahan di rest area KM 20B, Senin (8/4/2024).KOMPAS.COM/DOK. warga Ratusan kendaraan pemudik yang tertahan di rest area KM 20B, Senin (8/4/2024).

Tak lupa, Aan juga mengingatkan kepada masyarakat yang menuju Jabodetabek untuk tetap menjaga kesehatan agar tetap prima. Apabila lelah bisa beristirahat di rest area dan tidak menggunakan bahu jalan.

“Kami ingatkan terus untuk masyarakat yang akan kembali ke Jabodetabek maupun ke daerah ke barat ini tetap jaga kesehatan jangan berkendara apabila konsentrasi stamina sudah mulai berkurang," katanya.

"Silahkan gunakan rest area jadi kanan kiri bisa digunakan artinya yang sedang melaksanakan one way juga bisa masuk rest area dari exit rest area begitu juga yang eksisting jadi silakan istirahat tidak berhenti di bahu jalan,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com