Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Top Up Kartu E-toll di Gerbang Tol Saat Mudik Lebaran

Kompas.com - 05/04/2024, 18:41 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) mengimbau untuk para pemudik memastikan saldo kartu tol atau E-Toll sebelum melewati gerbang tol pembayaran. Jangan sampai kelalaian itu menghambat pengguna jalan lain.

Saat ini terdapat beberapa langkah untuk melakukan pengecekkan atas saldo E-Toll dan mengisinya, yakni mendatangi gerai pusat perbelanjaan dan transfer langsung, maupun datang ke gerbang tol (GT) utama.

"Tapi kami mohon pengguna jalan tidak mengisi kartu E-Toll nya di gardu tol karena akan menimbulkan antrian di lajur pembayaran," kata Media Relation and Promotion Section Head Jasa Marga, Irwansyah Diaz saat dihubungi Kompas.com, Jumat (5/4/2024).

Baca juga: Truk Angkutan Barang Dilarang Melintas Jalan Arteri, Ini Daftarnya

Masyarakat diimbau untuk memastikan kecukupan saldo uang elektronik (e-toll) yang digunakan dalam perjalanan.JSMR Masyarakat diimbau untuk memastikan kecukupan saldo uang elektronik (e-toll) yang digunakan dalam perjalanan.

"Apalagi saat momen mudik Lebaran 2024 seperti ini. Jadi kami mohon pengguna jalan dapat mengestimasi penggunaan e-Toll nya dalam melakukan perjalanan," lanjut dia.

Adapun gerbang tol utama terdiri dari Tol Cikampek Utama, Tol Kalihurip Utama, GT Ciawi, dan GT Cikupa. Sementara pengisian e-Toll hanya ada di jalur satu (bukan jalur cepat).

Tetapi jangan pernah melakukan pengisian e-Toll dengan sengaja saat mudik Lebaran 2024 di sana. Cukup gunakan dalam kondisi mendesak alias emergency.

"Semua gerbang utama menyediakan. Tapi diimbau jangan mengisinya di gerbang tol supaya tidak terjadi antrean," ucap Irwansyah.

Sebelumnya, Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional Division mencatat volume lalu lintas di Ruas Tol wilayah Jabotabek dan Jawa Barat pada H-7 sampai H-6 Lebaran 2024 mulai meningkat.

Baca juga: Ganjil Genap Mudik Berlaku Hari Ini, Pelanggar Kena Tilang Elektronik

PT Jasa Marga (Persero) Tbk mengimbau pengguna jalan yang akan memulai perjalanan arus balik kembali ke Jabotabek untuk memastikan kecukupan saldo uang elektronik (e-toll) yang digunakan dalam perjalanan.Dok. Jasa Marga PT Jasa Marga (Persero) Tbk mengimbau pengguna jalan yang akan memulai perjalanan arus balik kembali ke Jabotabek untuk memastikan kecukupan saldo uang elektronik (e-toll) yang digunakan dalam perjalanan.

Hal tersebut terbukti dari peningkatan transaksi di sejumlah gerbang tol utama selama 3-5 April 2024. Menandaan masyarakat mulai melakukan mudik jelang akhir pekan ini.

Oleh karenanya, dikatakan Marketing and Communication Department Head Jasamarga Metropolitan Tollroad Panji Satria, diimbau kepada pemudik untuk memperhatikan saldo toll-nya.

"Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan hanya menggunakan 1 e-toll yang sama untuk pembayaran di jalan tol dengan sistem transaksi tertutup seperti Ruas Tol Cipularang dan Padaleunyi," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com