Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketahui Penyebab Pedal Rem Mobil Bergetar Saat Diinjak

Kompas.com - 22/03/2024, 11:22 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com - Proses pengereman biasanya terjadi selama beberapa detik dengan menginjak pedal rem sampai laju kecepatan mobil sesuai harapan pengemudi.

Pada suatu kondisi, pedal rem yang diinjak saat mengerem bisa terasa bergetar seirama dengan kecepatan laju mobil. Fenomena ini kerap meresahkan konsumen apakah sebenarnya masih aman digunakan atau tidak.

Eko Setiawan, Pemilik Everest Motor Bintaro mengatakan gejala pedal bergetar saat proses pengereman artinya telah terjadi penurunan performa rem.

Baca juga: Waspada, Rem Blong Bisa Terjadi Tanpa Gejala

Disc brake mobil alias cakram rem mobil yang panas tidak boleh langsung disiram air, bisa patah dan rusakTangkapan layar YouTube @1AAuto Disc brake mobil alias cakram rem mobil yang panas tidak boleh langsung disiram air, bisa patah dan rusak

“Aman atau tidaknya, sebaiknya konsumen melakukan pemeriksaan ke bengkel agar mendapatkan diagnosis dari mekanik, karena ada beberapa kondisi pedal rem bergetar bisa berisiko bila tetap digunakan,” ucap Eko kepada Kompas.com, Kamis (21/3/2024).

Eko mengatakan misal penyebab pedal rem getarnya adalah kerusakan pada permukaan piringan rem, maka artinya daya pengereman mobil bisa tidak merata.

“Hal itu bisa terjadi karena permukaan piringan bisa mendapatkan gaya gesek lebih besar ketika bagian tersebut menekan piston dan adalakanya lebih longgar, maka yang dirasaka pengemudi pedal rem bergetar,” ucap Eko.

Baca juga: Tanpa Engine Brake, Ini Cara Cegah Rem Blong Saat Naik Motor Listrik


Memang risikonya agak lebih ringan jika dibandingkan dengan rem ambles, keras dan sejenisnya menurut Eko. Tapi, permukaan cakram yang tidak rata bisa membuat penumpang tidak nyaman.

“Biasanya getaran akan terasa sampai membuat bodi mobil bergoyang, secara tidak langsung akan mengurangi kenyamanan penumpang dan membuat peredam kejut bekerja lebih sering,” ucap Eko.

Tapi bisa saja pedal rem bergetar akibat dari kampas yang sudah mulai tipis. Bila kondisi ini diabaikan maka resikonya bisa menyebabkan rem blong menurut Eko, sehingga konsumen wajib melakukan pemeriksaan ke bengkel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com