Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Chery Masih Belum Meluncurkan Resmi Tiggo 5X di RI

Kompas.com - 22/03/2024, 10:42 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Chery Sales Indonesia (CSI) masih menahan diri untuk meluncurkan Tiggo 5X secara resmi di pasar nasional meskipun telah mengumumkan harganya di ajang IIMS 2024 lalu.

Executive Vice President CSI Qu Jizong menjelaskan langkah itu dilakukan karena pihaknya masih menghimpun seluruh masukkan mengenai mobil terhadap pasar.

Sehingga keberadaannya nanti benar-benar menjawab kebutuhan mobil SUV kompak sebagaimana yang diharapkan. Termasuk seluruh layanan purnajual-nya.

Baca juga: Nissan Magnite Facelift Tertangkap Kamera Sedang Tes Jalan

First drive Chery Tiggo 5 XKompas.com/Adityo First drive Chery Tiggo 5 X

"Tiggo 5X merupakan produk yang benar-benar sudah kita pikirkan dan melewati survei. Tetapi kita belum melakukan official launch, baru soft launch saja di IIMS 2024," kata dia di Jakarta, Rabu (20/3/2024).

"Meski begitu konsumen yang berminat bisa melakukan pemesanan awal. Kami masih ingin mendengar lebih banyak masukkan sebelum benar-benar diluncurkan," ucap Qu Jizong, melanjutkan.

Sebab, strategi Chery di Tanah Air tidak hanya meluncurkan produk saja. Tetapi lebih kepada bagaimana produk dimaksud bisa menjawab banyak kebutuhan serta layanan purnajual-nya.

Mengingat, Indonesia merupakan pasar yang kompleks karena terdiri dari beragam suku dan budaya. Kondisi jalan di beberapa ruas pun berbeda-beda sehingga diperlukan strategi yang matang.

Baca juga: Chery Indonesia Mulai Ekspor Mobil Tahun Ini

Chery Tiggo 5 XKompas.com/Donny Chery Tiggo 5 X

"Kehadiran Tiggo 5X ini akan menambah line up dari Tiggo Series. Maka, konsumen akan memiliki lebih banyak pilihan selain Omoda Series yang sudah diperkuat oleh Omoda E5," ucap dia.

Diketahui, CSI sebelumnya sudah mengumumkan harga resmi Tiggo 5X di pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 lalu.

Pada kesempatan tersebut, kendaraan akan dibanderol dengan harga Rp 269 juta sampai Rp 299 juta. Tapi buat pembeli pertama, ada potongan harga Rp 20 juta dan garansi lebih panjang.

"Mobil ini panjangnya hampir 4,4 meter, jadi sangat luas dan nyaman, dan dari segi interior, Tiggo 5x paling mewah di kelasnya, paling tepat untuk keluarga,” ujar Assistant President Director PT CSI Zeng Shuo kala itu.

Baca juga: Harga Tiket Bus AKAP Jakarta-Bali Saat Mudik Lebaran 2024

Chery Tiggo 5 XKompas.com/Donny Chery Tiggo 5 X

Tidak hanya dimensinya yang lebih lapang dari pesaing di kelasnya, Tiggo 5X juga telah dilengkapi sistem ADAS atau Advanced Driver Assistance System, fitur gabungan yang membantu pengemudi dalam berkendara.

Zeng mengatakan, Chery Tiggo telah dirakit dan diproduksi secara lokal, dan tengah berupaya meningkatkan Tingkat Komponen Dalam Negerinya (TKDN) minimal 40 persen untuk memenuhi kebutuhan ekspor.

Meski belum bisa memastikan kesiapan mobil itu, ia menargetkan Chery Tiggo 5X diupayakan bisa mulai dikirimkan ke tangan konsumen pada Maret 2024, sebelum Hari Raya Idul Fitri 2024.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com