Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Skutik Sebaiknya Pakai Oli Encer atau Kental?

Kompas.com - 22/03/2024, 10:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Supaya performa mesin tetap terjaga dan selalu optimal, sepeda motor membutuhkan pelumasan konstan. Suku cadang ini juga dianjurkan diganti rutin setiap 2.000 kilometer sampai 4.000 kilometer.

Pengguna juga dianjurkan memilih jenis oli yang tepat dan memastikan kandungannya sesuai dengan spesifikasi mesin.

Satu pertanyaan yang cukup sering diperdebatkan adalah pemilihan oli terbaik untuk skutik. Antara oli kental dan oli encer, manakah jenis yang paling tepat?

Hariyanto, Kepala Bengkel AHASS Ardian BSD Tangerang, membagikan satu langkah mudah yang bisa dijadikan patokan oleh pengguna, cukup dengan mengamati kode JASO pada kemasan oli motor.

 

Baca juga: Ini Jarak Maksimal Terlambat Ganti Oli Motor

Pahami kode JASO saat hendak mengganti oli motorKompas.com/Erwin Setiawab Pahami kode JASO saat hendak mengganti oli motor

Dia mengatakan, kode JASO alias Japan Automobile Standard Organization, adalah indikator standar yang dijadikan acuan untuk spesifikasi oli dan kecocokan dengan mesin motor.

“Tergantung motornya, ada JASO 10w30, JASO 0w40 dan lain-lainnya. Kode angka di bagian depan istilahnya posisi oli dingin, kalau kode belakang itu posisi oli panas. Ini menentukan kodisi optimal oli itu bekerja” ucapnya kepada Kompas.com, Rabu (20/3/2024).

Khusus untuk motor-motor jenis skutik, Hari menganjurkan oli dengan kode JASO 10w30 yang encer. Jenis ini dinilai paling kompatibel untuk mesin matik berkubikasi di bawah 160 cc.

Baca juga: Chery Indonesia Mulai Ekspor Mobil Tahun Ini

Servis motor di bengkel resmi, Honda ke AHASSWMS Servis motor di bengkel resmi, Honda ke AHASS

“Kalau oli kental itu contohnya JASO 0w40, ini enggak jelek, cuma cocoknya dipakai sama motor sport atau motor bebek. Cocoknya sama mesin mereka,” kata dia.

Melalui penjelasan di atas, bisa ditarik kesimpulan jika oli terbaik untuk skutik adalah jenis encer dengan kode JASO 10w30, karena pelumasan dan spesifikasinya lebih kompatibel untuk mesin matik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com