Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jawa Tengah Jadi Daerah Tujuan Pemudik Terbanyak

Kompas.com - 18/03/2024, 15:01 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memproyeksi bahwa Jawa Tengah masih menjadi daerah tujuan mudik terbanyak pada tahun ini.

Hal tersebut terbukti dari hasil survei yang dilakukan Kemenhub, kawasan itu menyumbang 31,8 persen dari total prediksi mobilitas masyarakat selama periode mudik Lebaran 2024.

"Jumlah itu mewakili 61,6 juta orang. Kemudian Jawa Timur 19,4 persen (37,6 juta orang) dan Jawa Barat sebesar 16,6 persen (32 juta jiwa)," kata Kepala Badan Kebijakan Transportasi Kemenhub Robby Kurniawan dalam konferensi virtual, Minggu (17/3/2024).

Baca juga: Batas Waktu Beli Mobil Baru buat Dipakai Mudik Lebaran

Ilustrasi pengaturan lalu lintas saat mudik Lebaran. Jadwal one way, contraflow, ganjil genap mudik Lebaran 2024.KEMENHUB Ilustrasi pengaturan lalu lintas saat mudik Lebaran. Jadwal one way, contraflow, ganjil genap mudik Lebaran 2024.

Sementara itu, untuk daerah asal perjalanan terbanyak diproyeksi dari wilayah Jawa Timur yang mencakup 16,2 persen atau setara dengan 31,3 juta orang.

Kemudian disusul wilayah Jabodetabek sebesar 14,7 persen atau 28,4 juta orang, Jawa Tengah capai 13,5 persen (26,1 juta orang), serta kawasan Sumatera.

“Minat masyarakat tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain tidak adanya COVID-19, ekonomi keluarga, cuti bersama, liburan anak sekolah, peningkatan kualitas dan kuantitas sarana prasarana transportasi, serta kondisi cuaca,” kata Robby.

Baca juga: Kuota Ludes, Kemenhub Mau Tambah Kuota Mudik Gratis 2024

Ilustrasi mudik lebaran di Gerbang Tol Kalikangkung Semarang, Jawa Tengah. Ini ruas jalan yang dibatasi untuk kendaraan barang pada Lebaran 2024.KOMPAS.COM/Muchamad Dafi Yusuf Ilustrasi mudik lebaran di Gerbang Tol Kalikangkung Semarang, Jawa Tengah. Ini ruas jalan yang dibatasi untuk kendaraan barang pada Lebaran 2024.

Ia juga memperkiraan puncak hari mudik berdasarkan pilihan masyarakat adalah H-2 Lebaran atau Senin, 8 April 2024, ketika dimulainya cuti bersama.

Pada periode dimaksud, potensi pergerakan mencapai 26,6 juta orang (13,7 persen).

Sedangkan perkiraan puncak hari balik adalah H+3 yakni Minggu, 14 April 2024 dengan potensi pergerakan 41 juta orang (21,2 persen).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com