Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hyundai Ioniq 5 dan Ioniq 6 Kena Recall Masalah ICCU

Kompas.com - 15/03/2024, 15:13 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hyundai Motor Group mengumumkan penarikan kembali alias recall terhadap mobil Hyundai dan Kia sebanyak 600.000 unit di global.

Penarikan tersebut melibatkan beberapa model berbasis platform E-GMP termasuk Hyundai Ioniq 5 dan Ioniq 6, Genesis GV60, GV70, dan G80 EV, serta Kia EV6.

Dikutip dari Carscoops, Jumat (15/3/2024), secara keseluruhan, perusahaan harus memperbaiki 169.932 kendaraan di Korea Selatan, akibat adanya kemungkinan kerusakan pada ICCU. Kerusakan tersebut dapat menyebabkan kendaraan kehilangan daya saat berada di jalan.

Sebagai informasi, Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA) telah membuka penyelidikan terhadap ICCU kendaraan ini pada Juni 2023.

Baca juga: Ini Tujuan Pemerintah Batasi BBM Jenis Pertalite

Laporan awal menunjukkan bahwa arus berlebih dapat terjadi pada bagian tersebut, merusak transistor, hingga mencegah pengisian ulang baterai 12V.

NHTSA mengatakan bahwa mereka telah menerima 30 keluhan tentang masalah ini yang terjadi di AS. Pemilik kendaraan melaporkan mendengar suara letupan keras, diikuti dengan pesan peringatan di dasbor mereka.

Hyundai Ioniq 6KOMPAS.com/Adityo Hyundai Ioniq 6

Sementara beberapa pemilik hanya mengalami pengurangan tenaga, beberapa lainnya kehilangan tenaga sama sekali.

Pabrikan asal Korea Selatan itu telah memutuskan untuk melakukan penarikan kembali karena laporan kehilangan daya terus berdatangan.

Ketika dikonfirmasi, Fransiscus Soerjopranoto, Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) mengatakan bahwa HMID harus melakukan pengecekan terlebih terkait recall Ioniq 5 dan Ioniq 6.

Baca juga: Daihatsu Sudah Jual 32.000 Unit Mobil hingga Februari 2024

“Biasanya kalau tidak ada informasi, artinya di negara tersebut tidak ada masalah. Tapi saya akan cek terlebih dahulu,” ucap Frans, saat dihubungi Kompas.com, Jumat (15/3/2024).

Sebagai informasi, Hyundai Ioniq 5 sudah diproduksi lokal di Indonesia tepatnya di Pabrik PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) di Cikarang. Sementara untuk Ioniq 6 masih diimpor langsung dari Korea Selatan.

Bicara soal harga, Ioniq 5 dibanderol mulai Rp 782 juta untuk tipe Prime Standar Range, hingga Rp 990 juta untuk tipe batik. Sedangkan untuk Ioniq 6 hanya tersedia satu trim yakni Signature dengan banderol Rp 1.22 miliar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com