Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Astra Dukung Peningkatan Kualitas Pendidikan di Sumba Timur

Kompas.com - 15/03/2024, 13:11 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SUMBA TIMUR, KOMPAS.com - PT Astra International Tbk (ASII) merupakan perusahaan industri otomotif. Astra telah mendiversifikasi bisnisnya ke dalam tujuh segmen, seperti otomotif, pembiayaan, pertambangan dan konstruksi, serta agrobisnis. Perusahaan ini juga merupakan distributor tunggal beberapa merek otomotif ternama: Toyota, Daihatsu, Honda, Peugeot, dan BMW.

Astra melalui Yayasan Pendidikan Astra - Michael D. Ruslim (YPA-MDR) pada Kamis (14/3/2024) melaksanakan penandatanganan kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Sumba Timur dalam program bantuan pendidikan untuk sekolah di Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur,

Bantuan berupa pembinaan di 14 sekolah sebagai upaya mendorong peningkatan kualitas pendidikan sehingga berstatus mandiri dan unggul.

Program ini merupakan kerja sama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, Pemerintah Kabupaten melalui Dinas Pendidikan setempat, para guru, komite sekolah, dan orang tua siswa.

Baca juga: Mobil Astra yang Paling Laris sampai Februari 2024

Bantuan pendidikan Astra melalui Yayasan Pendidikan Astra - Michael D. Ruslim (YPA-MDR)IST Bantuan pendidikan Astra melalui Yayasan Pendidikan Astra - Michael D. Ruslim (YPA-MDR)

Acara Penandatanganan kerja sama ini dihadiri oleh Bupati Kabupaten Sumba Timur Khristofel Praing, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Sumba Timur Erwin Pasande, Chief of Corporate Affairs Astra sekaligus Ketua Pengawas YPA-MDR Riza Deliansyah, dan Ketua Pengurus YPA-MDR Gunawan Salim.

Riza Deliansyah, Chief of Corporate Affairs Astra sekaligus Ketua Pengawas YPA-MDR mengatakan pihaknya berharap kolaborasi Astra melalui YPA-MDR dengan pemerintah Kabupaten Sumba Timur memajukan sektor pendidikan.

“Pembinaan 14 sekolah menjadi bukti nyata kontribusi Astra dalam mentransformasi kualitas dan mendorong pencapaian prestasi sekolah, sehingga berperan sebagai batu loncatan untuk memajukan Kabupaten Sumba Timur,” ucap Riza.

Baca juga: Langkah Astra UD Trucks Cetak Tenaga Kerja Produktif dan Berkualitas

YPA-MDR dengan dukungan dari Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Sumba Timur akan membina sekolah berikut:

  1. SDN Wera,
  2. SDN Maujawa,
  3. SDN Menggit Timbi,
  4. SDI Laipori,
  5. SDI Walakiri,
  6. SDN Watumbaka,
  7. SDI Kawangu 1,
  8. SDI Kawangu 2,
  9. SDN Praikalokat,
  10. SDN Palindi,
  11. SMPN 1 Pandawai,
  12. SMPN 2 Pandawai,
  13. SMPN 3 Pandawai, dan
  14. SMKN 1 Pandawai.

YPA-MDR merumuskan berbagai rencana program yang sejalan dengan Kurikulum Merdeka sesuai dengan program pemerintah pusat dengan tujuan mengakselerasi pertumbuhan kualitas pendidikan dalam aspek akademik, karakter, kecakapan hidup, dan seni budaya lokal bagi para guru serta siswa.

Baca juga: Astra UD Trucks Fokus Sediakan Kendaraan Komersial yang Aman dan Nyaman

Selain itu, kolaborasi YPA-MDR dengan Pemerintah Kabupaten Sumba Timur melalui Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga juga dilakukan dengan meningkatkan kualitas pendidikan melalui pemberian fasilitas, sumber daya, program-program yang bertujuan menyadarkan pentingnya pendidikan, dan mengoptimalkan kompetensi para guru serta staf pendidikan melalui pelatihan yang dilengkapi pendampingan intensif.

Pada acara ini, Astra melalui YPA-MDR memberi donasi berupa satu unit laptop untuk masing-masing sekolah binaan sebagai simbol awal kerja sama dengan para kepala sekolah di Kabupaten Sumba Timur sehingga mendukung transformasi digital sistem pendidikan.

“Langkah ini merupakan upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan di wilayah tertinggal dan strategis di Indonesia sehingga memberi peluang yang sama bagi generasi muda untuk mendapatkan pendidikan,” ungkap Ketua Pengurus YPA-MDR, Gunawan Salim.

Baca juga: Ingin Daftar SATU Indonesia Awards Astra? Berikut Kriteria Penilaiannya


Melalui perluasan ini, YPA-MDR membina 54 sekolah di Provinsi Nusa Tenggara Timur yang terdiri dari sebelas sekolah di Borong, enam belas sekolah di Rote, tiga belas sekolah di Kupang, dan empat belas sekolah di Sumba.

Program pembinaan yang dilakukan YPA-MDR sejalan dengan program pemerintah, yaitu untuk mewujudkan generasi muda yang berkompeten secara akademik, berkarakter baik, memiliki bekal kecakapan hidup, dan mempunyai kepedulian terhadap seni budaya lokal sehingga dapat mendorong pertumbuhan Kabupaten Sumba Timur untuk menjadi wilayah yang lebih sejahtera.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com