Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tengok Sasis Baru Scania K450CB Euro 5 di Giicomvec 2024

Kompas.com - 08/03/2024, 11:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Scania memboyong dua sasis bus premium ke Giicomvec 2024. Satu yang menarik perhatian adalah K450CB, sudah lolos standar emisi Euro 5 serta dilengkapi mesin yang bertenaga, tembus 450 TK.

Soal mesin, K450CB memakai mesin diesel enam silinder segaris dengan kapasitas 13.000cc. Scania klaim kalau sasis tronton terbarunya ini bisa menggunakan bahan bakar Biosolar sampai B100.

Bicara soal tenaga, K450CB naik dari model sebelumnya (K410iB) jadi 450 TK. Soal torsi, lebih besar lagi, 2.350 Nm di 1.000-1.300 RPM, transmisi yang digunakan ada Opticruise yang diklaim bikin nyaman pengemudi dan tentu penumpang.

Baca juga: Scania Bawa Sasis Bus Premium dan Truk Canggih ke Giicomvec 2024

Bus baru PO Kencana buatan Karoseri Adiputro di GIICOMVEC 2024KOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Bus baru PO Kencana buatan Karoseri Adiputro di GIICOMVEC 2024

Bukan itu saja, K450CB dilengkapi dengan suspensi udara yang diklaim paling nyaman. Teknologi seperti Electronic Level Control disematkan, jadi bisa mengatur kekerasan tergantung dari kondisi jalan, bahkan bisa miring ke kiri saat menaikkan penumpang.

Soal kemanan, K450CB dilengkapi dengan Electronic Brake System (EBS). Fitur tersebut terdiri dari Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Stability Program (ESP), dan rem parkir otomatis.

Lalu, dilengkapi juga hill hold yang mencegah bus mundur saat berhenti di tanjakan. Sampai ada Downhill Speed Control yang mengendalikan kecepatan bus saat melewati turunan panjang, cegah pengemudi hilang fokus.

Baca juga: Intip Bus Tingkat Baru Milik PO Kencana, Tembus Rp 3,9 Miliar


Fitur keselamatan lain yang disematkan ada Integrated Retarder, sistem yang membantu kurangi kecepatan bus. Cocok buat melewati turunan panjang dan mengurangi penggunaan service brake, sehingga risiko rem blong berkurang.

Sasis bus ini sudah dipakai juga oleh PO Kencana yang mejeng di booth Adiputro. Harga sasisnya sekitar Rp 2 miliar, belum dengan bodi dan segala perintilan yang ada di kabin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com