Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Japek II Selatan Siap Dibuka Fungsional buat Mudik Lebaran 2024

Kompas.com - 06/03/2024, 06:48 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan rencananya bakal kembali dioperasikan secara fungsional atau gratis pada momentum mudik Lebaran 2024.

Dilansir dari Instagram resmi @pupr_binamarga, Selasa (5/3/2024), ruas yang akan difungsionalkan, yakni segmen Sadang-Kutanegara sepanjang 8,5 Km.

Fungsionalisasi dilakukan dalam rangka mendukung kelancaran arus balik Lebaran 2024 dari arah Bandung menuju Jakarta.

Baca juga: Hyundai Luncurkan Ioniq 5 Facelift, Kapasitas Baterai Lebih Besar

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Ditjen. Bina Marga (@pupr_binamarga)

Adapun, untuk mengakses segmen Sadang-Kutanegara, pengguna jalan dapat masuk melalui Simpang Susun (SS) Sadang di titik KM 77 Jalan Tol Cipularang.

Nantinya, setelah melintasi jalur fungsional Sadang-Kutanegara sepanjang 8,5 km, pengguna akan melewati jalan industri sepanjang 15 km untuk kemudian masuk kembali ke Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) via Gerbang Tol (GT) Karawang Timur.

Sebagai catatan, kendaraan yang diperkenankan melintas secara gratis pada ruas tol fungsional ini adalah kendaraan kecil golongan I non-bus.

Baca juga: Elf Terguling di Jalur Sarangan-Cemoro Sewu, Sopir Diduga Tak Paham Medan Jalan

Fungsionalisasi jalan ini akan dikhususkan pada kendaraan kecil atau golongan I non-bus. Dengan kata lain, segmen tol ini akan memudahkan para pengguna jalan yang menggunakan mobil pribadi atau minibus pada mudik Lebaran nanti.

Pimpinan Proyek Pembangunan Tol Japek II Selatan Paket 3, Shibgatullah Mahmuda mengatakan, fungsionalisasi Sadang-Kutanegara akan mengikuti diskresi pihak Kepolisian.

Maksudnya jika terjadi antrian kendaraan pada Simpang Susun Dawuan Kilometer 67 Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang (Cipularang), berdasarkan instruksi kepolisian, segmen Sadang-Kutanegara akan dibuka.

Baca juga: Alasan Sederhana Motor Wajib Menyalakan Lampu Siang Hari

Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan Segmen Sadang-Kutanegara sepanjang 8,5 kilometer.Dok. Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan Segmen Sadang-Kutanegara sepanjang 8,5 kilometer.

Shibgatullah menambahkan bahwa kesiapan fungsionaliasi segmen Sadang-Kutanegara sudah dilakukan sejak arus Mudik Lebaran dan Natal Tahun Baru 2023.

Meski begitu, diskresi kepolisian terkait fungsionalisasi baru dieksekusi pada saat arus liburan Nataru 2023.

“Sadang-Kutangera sempat kita buka pada tanggal 24 Desember 2023, pukul 16.00 s.d 18.30 dan dilewati oleh 280 kendaraan,” ujar Shibgatullah, dikutip dari website resmi Ditjen Bina Marga, Selasa (5/3/2024).

Baca juga: Daftar Harga LCGC Baru Bulan Ini, Termurah mulai Rp 135 Juta

Proyek Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan Paket 3 Sukabungah-Kutanegara-Sadang.Dok. BPJT Proyek Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan Paket 3 Sukabungah-Kutanegara-Sadang.

Sebelumnya, ruas tol Japek II Selatan Segmen Sadang - Kutanegara juga sempat dioperasikan gratis pada momentum mudik Lebaran 2023 serta pada saat Natal dan Tahun Baru 2023.

Segmen tol sepanjang 8,5 km yang dioperasikan secara gratis tersebut merupakan bagian dari seksi 3 Tol Japek II Selatan, yakni Sukabungah-Sadang.

Sebagai informasi, konstruksi Jalan Tol Japek II Selatan memiliki tiga paket pengerjaan. Secara lebih terperinci, paket I mencakup konstruksi Jati Asing - Setu, Paket II Setu - Sukabungan, dan Paket III Sukabungah - Sadang.

Ke depan, Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan dari Sadang hingga Setu juga akan terintegrasi dengan jaringan Jalan Tol Purbaleunyi dan JORR 2 Jalan Tol Cimanggis-Cibitung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com