Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mudah Deteksi Kerusakan pada Kaki-kaki Mobil

Kompas.com - 04/03/2024, 10:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bunyi pada bagian kaki-kaki mobil sering membuat pengendara waswas. Terkadang suara yang dihasilkan cukup keras, hingga membuat pengendara merasa takut bila terjadi kecelakaan di jalan.

Apabila sudah terjadi hal seperti ini, ada baiknya pengemudi segera membawa mobil ke bengkel terdekat untuk melakukan pengecekan.

Saat ini sudah ada alat yang bisa memeriksa bagian kaki-kaki mobil secara cepat, tepat, dan akurat, yaitu menggunakan alat Kyoto Shaking Machine, seperti yang disediakan oleh Rotary Auto.

Baca juga: TVS Callisto 125 Meluncur di Jawa Timur, Harga Rp 24 Jutaan

Kyoto Shaking Machine dilengkapi dengan tenaga hidrolik guna mengguncangkan keempat titik kaki-kaki mobil. Saat proses guncangan, diklaim dapat mendeteksi bunyi malfungsi atau bunyi tidak normal yang timbul.

“Cara kerjanya sesederhana kita lagi nyetir mobil, kita bikin mobil itu kayak seakan-akan melewati jalan rusak. Jadi mobil kita naikan di atas car-lift yang tingginya kurang lebih 1,3 m, lalu bannya itu kita letakan di alat Shaking Machine,” ucap Ferry Jensen, CEO, Founder Rotary Auto, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Ferry melanjutkan, mesin tersebut juga bisa diatur speed atau kecepatan sesuai dengan kebutuhan. Semakin tinggi kecepatannya maka guncangan akan semakin kencang. Jika ada komponen yang bermasalah maka akan terlihat dan terdengar langsung.

“Ketika mobil di guncangkan, misal ada karet sil yang pecah, gemuk di ball joint yang sudah haus juga akan terlihat dan bisa terdengar dengan jelas. Pemilik kendaraan juga bisa merasakan dan melihat sendiri ke kolong mobil untuk tahu masalah pada kendaraannya,” kata Ferry.

Baca juga: Perdana, Ketua Pengcab HDCI Diketuai Seorang Lady Biker

Alat ini tentu bisa memudahkan kerja bengkel untuk menentukan diagnosa sumber bunyi di kaki-kaki sehingga lebih akurat.

Rotary Auto diketahui telah melakukan uji coba mesin tersebut sejak 15 Desember 2023, hasilnya diklaim telah menyelesaikan masalah kaki-kaki lebih dari 1.000 mobil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com