Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Modal Mitsubishi Canter Bus buat Bersaing Jadi Kendaraan Travel

Kompas.com - 02/03/2024, 11:31 WIB
Azwar Ferdian

Editor

BANDUNG, KOMPAS.com - PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) sebagai distributor resmi Mitsubishi Fuso di Indonesia, meluncurkan Fuso Canter Bus empat ban, buat bermain pada segmen bus kecil di pasar otomotif Indonesia.

KTB menyadari bahwa segmen bus kecil sudah ada pemain lama, dimana Canter Bus akan bersaing ketat dengan Isuzu Elf, dan Hino micro bus. Dua nama itu adalah pemain lama pada segmen kendaraan travel atau industri pariwisata.

"Segmen ini memang sengit, karena ada di kelas menengah. Kami mengincar perusahaan jasa transportasi seperti travel dan pariwisata. Tentu saja kami punya beberapa keunggulan, yang tidak dimiliki kompetitor," jelas Aji Jaya, Director of Sales & Marketing Division PT Krama Yudha Tiga Berlian Motor (KTB), Jumat (1/3/2024).

Baca juga: Fuso Canter Bus, Pilihan Baru buat Segmen Travel dan Pariwisata

Mitsubishi Fuso Canter Bus hadir dalam dua jenis warna yaitu Solid White dan Silver Metalic. Warna dasar ini diklaim disukai konsumen kerena biasanya akan ada penambahan stiker atau lambang, sebagai ciri khas kendaraan travel atau pariwisata.

Dimensinya dengan panjang 6,5 meter, lebar 1,75 meter dan tinggi 2,5 meter. Canter Bus menawarkan kabin yang luas dengan konfigurasi 19 penumpang, dan satu pengemudi. Kursi paling belakang bisa dilipat buat kebutuhan bagasi, serta ada bagasi tambahan di bagian luar kanan.

Mitsubishi Fuso Canter BusKOMPAS.com/Azwar F Mitsubishi Fuso Canter Bus

Semua kursi sudah dilapis kulit sintetis, dan sabuk pengaman satu titik buat keamanan penumpang.

"Uniknya Canter Bus, tidak ada penumpang yang duduk sendirian di pinggir dekat pintu. Ini tentu memudahkan buat penumpang keluar masuk kabin, tanpa mengganggu penumpang lain," jelas M Fata Zulfiqhi, Trainer 3S Training Department PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors.

Baca juga: Fuso Canter Paling Diminati Pengusaha Sawit di Pangkalan Bun

Pada kaca spion tengah dilengkapi dengan LCD Screen yang terintegrasi dengan kamera mundur. Serta sudah memakai front stabilizer yang membuat kendaraan lebih stabil saat sedang berjalan.

Port USB yang terdapat di setiap baris kursi penumpang, untuk mengisi ulang daya baterai gawai. Ada enam speaker di sisi kanan kiri interior. Partition Desk yang dilengkapi dengan Cup Holder, buat meletakan botol atau gelas dengan aman.

Mitsubishi Fuso Canter Bus di GIIAS 2023KOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Mitsubishi Fuso Canter Bus di GIIAS 2023

Ada juga Iluminasi LED Logo Canter Bus berwarna biru pada plafon dan tangga untuk menguatkan branding Canter Bus dan memberikan kesan interior yang lebih mewah.

Bus kecil ini dipersenjatai dengan mesin diesel common raill 3.907 cc, bertenaga 108 PS pada 2.500 RPM, dengan torsi 31 kg.m pada putaran 1.000 – 2.500 rpm.

Mitsubishi Fuso Canter Bus ini ditawarkan dengan harga utuh Rp 552.400.00 off the road, garapan dari karosesi Trijaya Union.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com