Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Cegah Rem Belakang Yamaha Aerox Hangus, Perhatikan Kampas Rem

Kompas.com - 26/02/2024, 14:41 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Yamaha Aerox 155 masih menggunakan tromol buat rem belakangnya. Ada beberapa kejadian rem belakang tadi hangus terbakar sampai pelek gosong dan mengeluarkan asap.

 Baca juga: Penyebab Rem Belakang Yamaha Aerox Hangus Terbakar

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by MATIC DUNIAWI (@maticduniawi)

 

Wahid Hidayatuloh, Pemilik Bengkel Tiga Putri Motor di Bogor mengatakan, penyebab dari rem belakang Aerox yang terbakar adalah setelan rem terlalu dekat dan kampas rem yang tidak standar bawaan.

"Kalau pakai kampas rem yang sesuai standar, enggak mungkin sampai begitu. Setelan juga ada ukurannya, jadi itu karena nempel ke pelek (jadi terbakar)," kata Wahid kepada Kompas.com, Minggu (25/2/2024).

Jadi buat mencegah kejadian yang sama terjadi, pemilik Aerox harus memperhatikan suku cadang yang digunakan ke motornya.

Ada saja bengkel yang mengakali ganti kampas dengan milik Mio atau Jupiter karena bentuknya yang mirip, padahal beda jauh.

 Baca juga: Teknik Mengurangi Kecepatan Mobil Manual, Langsung Injak Rem atau Kopling?


"Selalu menggunakan part asli sama setel (kampas) sesuai standar," kata Wahid.

Terakhir, perhatikan juga cara berkendara motor buat cegah kejadian rem gosong. Jari tangan kiri jangan selalj menempel ke tuas rem, karena pengaruh juga.

"Jari tangan kiri jangan selalu nempel ke handel rem karena itu juga bisa mengakibatkan gesekan kampas dengan tromol lebih cepat," ucap Wahid.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com