Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spesifikasi WR-V, Mobil Honda Paling Laris di IIMS 2024

Kompas.com - 22/02/2024, 16:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 masih berlangsung hingga 25 Februari 2024. Honda WR-V mencatat angka Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) terbanyak di booth Honda selama tujuh hari pameran berlangsung.

“Per kemarin (Selasa, 20/2/2024), total penjualan 597. WR-V 175 unit, HR-V 161 unit, kemudian Brio Satya dan RS 127 unit,” ucap Hendra Kustiawan, Director Honda Jakarta Center, kepada Kompas.com, Rabu (21/2/2024).

Bicara soal Honda WR-V, sport utility vehicle (SUV) ringkas ini diluncurkan oleh PT Honda Prospect Motor (HPM) pada akhir 2023 lalu.

Baca juga: Belanja Aksesori Mitsubishi Xforce di IIMS 2024 Ada Diskon Khusus

Mobil ini memiliki panjang 4.060 mm, lebar 1.780 mm dan tinggi 1.608 mm dan ground clearance 220 mm. Hal ini menjadikan WR-V sedikit lebih luas dan tinggi dari Toyota Raize dan Daihatsu Rocky.

Honda WR-V hadir dalam empat varian, yakni 1.5L E M/T, 1.5L E CVT, 1.5L RS dan 1.5L RS with Honda Sensing.

Melihat desain eksterior dari ketiga tipe ini memamng tidak ada perbedaan yang signifikan, ketiganya hadir dengan desain yang gagah dan modern.

Honda WR-V tipe EKompas.com/Donny Honda WR-V tipe E

Hanya saja untuk tipe non RS hadir dengan grille honeycomb dan ukuran pelek 16 inci, sementara untuk tipe RS hadir dengan desain krom yang lebih agresif dengan ukuran pelek yang lebih besar yakni 17 inci.

Selain itu, WR-V RS juga sudah dilengkapi full LED headlight dengan LED Daytime Running Light (DRL).

Sementara di bagian interior, nuansa yang dihadirkan WR-V begitu familiar, mirip sekali dengan BR-V terbaru.

Tidak heran, sebab mobil ini hasil pengembangan Honda SUV RS Concept yang dirancang memakai platform yang sama.

Untuk WR-V E tema interior menggunakan kombinasi warna abu-abu di atap dan hitam di bagian bawah. Lalu joknya juga masih dibalut kain atau fabric. Sektor setir dan tuas transmisi di varian E juga belum dibalut kulit.

Sementara untuk Honda WR-V RS sudah menggunakan bahan kulit pada bagian jok, setir, dan transmisi. Lalu tema warna interiornya di dominasi hitam, baik jok dan di bagian bawah. Serta ada tambahan aksen merah supaya terkesan lebih sporty.

Honda WR-VKOMPAS.com/Ruly Kurniawan Honda WR-V

Honda WR-V memiliki 12V power outlet untuk kemudahan penyambungan dan pengisian daya dengan dua USB port yang dapat dihubungkan ke berbagai perangkat.

Panel meter mobil menggunakan layar 4,2 inci Thin-Film Transistor (TFT) Display. Layar ini menampilkan berbagai informasi akurat saat berkendara seperti fungsi Honda Sensing, rata-rata konsumsi bahan bakar, jarak tempuh perjalanan, hingga sisa bahan bakar.

Dipadukan dengan display audio dengan layar sentuh 7 inci yang telah dilengkapi berbagai fungsi antara lain Smartphone Conection dan Hands-Free Telephone.

Baca juga: Belanja Aksesori Mitsubishi Xforce di IIMS 2024 Ada Diskon Khusus

Proporsi kabin Honda WR-V terkesan ramping, namun juga dapat memberikan ruang kabin yang nyaman dan lapang dengan ketersediaan kompartemen yang cukup banyak.

Honda WR-V dibekali mesin berkapasitas 1.5 L DOHC i-VTEC yang mampu menghasilkan tenaga 119 HP pada 6.600 rpm dan torsi 145 Nm pada 4.300 rpm.

Honda WR-V dibanderol mulai Rp 274,9 juta untuk tipe E MT, kemudian untuk WR-V 1.5L E CVT Rp 284,9 juta.

Sementara untuk varian 1.5L RS di harga Rp 304,1 juta, adapun untuk tipe tertingginya yakni 1.5L RS with Honda Sensing dibanderol Rp 324,1 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com