Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Raih Penghargaan National Lighthouse Industry 2024

Kompas.com - 21/02/2024, 14:09 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perindustrian memberikan penghargaan National Lighthouse Industri 2024 kepada PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) atas kontribusinya di Tanah Air.

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita ke Wakil Direktur Utama TMMIN, Bob Azam di Hotel JS Luwansa & Convention Center, Jakarta, Rabu (21/2/2024).

Melalui predikat tersebut, Toyota Indonesia diharapkan bisa mendorong pelaku industri lainnya di sektor otomotif untuk dapat bersama-sama merealisasikan IR 4.0 di Indonesia.

Baca juga: Komentar Pengunjung pada Suzuki Jimny 5 Pintu di IIMS 2024

Produksi Toyota di pabrik Karawang, Jawa Barat.Agung Kurniawan Produksi Toyota di pabrik Karawang, Jawa Barat.

“Kami berterima kasih kepada pemerintah Indonesia atas kepercayaan yang diberikan melalui penganugerahan National Lighthouse Industry 4.0," kata Bob.

"Penghargaan ini menjadi motivasi kami untuk memperkuat peranan sebagai role model dan kolaborasi sebagai mitra dialog pemerintah dalam transformasi dan teknologi industri 4.0 di Indonesia," lanjutnya.

Bob mengatakan, TMMIN akan terus menjadi lokomotif dalam pembangunan supply chain di Indonesia agar makin baik ke depannya, yang dapat memberikan manfaat kepada peningkatan daya saing industri otomotif Indonesia menuju era elektrifikasi.

Kehadiran IR 4.0 telah menjadi perhatian khusus melalui peluncuran Making Indonesia 4.0 oleh Presiden RI Joko Widodo sejak tahun 2018. Terdapat lima sektor prioritas yaitu elektronik, tekstil, kimia, FnB, termasuk industri otomotif.

Baca juga: Ciri Mobil Bekas Kondisi Baik meski Kilometernya Gondrong

Ilustrasi ekspor mobil Toyotadok.TMMIN Ilustrasi ekspor mobil Toyota

Transformasi tersebut membawa potensi Indonesia untuk menjadi salah satu dari kekuatan 10 ekonomi teratas dunia pada tahun 2030.

Untuk mewujudkan cita-cita tesebut, maka Pusat Industri Digital 4.0 (PIDI 4.0) dibangun oleh Kementrian Perindustrian dengan visi menjadi solusi satu atap dalam pengadopsian industri 4.0 di Indonesia dan menjadi jendela Indonesia 4.0 untuk dunia.

PIDI 4.0 juga menjadi wadah simulator lighthouse bagi industri di Indonesia, melalui lima layanan utama yang dihadirkan di dalam fasilitas tersebut yaitu showcase center, ecosystem for industry 4.0, capability center, consultation center, engineering & AI center.

TMMIN hadir di PIDI 4.0 dengan tujuan untuk dapat turut serta mendukung Industry 4.0 dengan harapan memberikan advokasi konsep konektivitas rantai pasokan (block chain).

Juga, memperkuat daya saing industri lewat pengembangan SDM dan transformasi digital melalui standarisasi perangkat berbasis digital untuk simulasi Toyota Production System (TPS) yang dapat menjadi sarana pembelajaran bagi kalangan yang membutuhkan.

Baca juga: Honda Sambut Positif Wacana Insentif Mobil Hybrid

Toyota Yaris Cross HEV di IIMS 2024Kompas.com/Donny Toyota Yaris Cross HEV di IIMS 2024

Bagi TMMIN, tranformasi era digital yang merupakan basis Industry 4.0, sudah menjadi kebutuhan. Apalagi sebagian besar, yaitu, sekitar 52 persen produknya, digunakan untuk memenuhi permintaan ekspor ke lebih dari 100 negara.

“Perjalanan pengembangan industri Toyota Indonesia yang awalnya dirintis sebagai importir, kemudian berkembang menjadi bagian dari basis produksi lokal dan ekspor industri otomotif nasional, hingga kini berhasil menjangkau pasar ekspor untuk kendaraan elektrifikasi bukanlah suatu proses perjalanan yang instan," kata Bob.

"Industri otomotif harus bisa membangun daya saing yang lebih tinggi agar bisa memenangkan persaingan. Ini hanya bisa dicapai dengan meningkatkan efisiensi produktivitas melalui penerapan setiap aspek Industry 4.0 bersama seluruh rantai pasok untuk memenuhi pasar domestik dan ekspor,” lanjutnya.

Baca juga: Spesifikasi Mobil Listrik Honda e yang Mejeng di IIMS 2024

Menurut Bob, sejak beberapa tahun lalu TMMIN telah menyiapkan peta jalan (roadmap) dalam menyongsong persaingan di era Industri 4.0 yang semakin ketat.

Implementasi Roadmap Industry 4.0 di TMMIN telah memasuki tahap 2 yang berlangsung sampai 2024.

Tahap 2 ini (2022-2024) menekankan langkah TMMIN untuk menjadi role model dalam penerapan teknologi digital di dunia sektor otomotif dengan tiga fokus, logistic, maintenance dan quality melalui penerapan inovasi-inovasi program seperti Robot Process Automation (RPA), Predictive Maintenance, e-Warehouse, Quality Inspection and Engine Traceability.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com