Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Bakal Luncurkan Standardisasi Khusus Motor Listrik Tahun Ini

Kompas.com - 15/02/2024, 12:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah melalui Menteri Perindustrian RI Agus Gumiwang Kartasasmita menyebut pihaknya sedang menyiapkan konsep standardisasi khusus pada roda dua listrik di Indonesia.

Hal ini dilakukan sebagai upaya memastikan keamanan motor listrik ke semua penggunanya sehingga dapat dijadikan alat transportasi harian.

"Nanti yang motor segera kita launching konsepnya. Ada tripatir antara Kementerian Perindustrian, para pelaku usaha, sampai PLN," ucapnya di sela-sela pembukaan IIMS 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (15/2/2024).

Baca juga: Kata Airlangga, Pemerintah Akan Kaji Insentif untuk Mobil Hybrid

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkujung ke booth Toyota di IIMS 2024Kompas.com/Dio Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkujung ke booth Toyota di IIMS 2024

Hanya saja dalam kesempatan tersebut, Agus masih enggan membuka informasi lebih jauh mengenai konsep apa yang hendak diterapkan. Tak terkecuali, bagian apa saja yang menjadi sorotannya.

Tetapi yang pasti, dengan adanya standardisasi memudahkan pengguna sepeda motor listrik termasuk saat hendak melakukan pengisian daya.

"Tidak ada salahnya kita standardisasi. Kita akan coba tandatangani MoU pada Q2 (kuartal ke-2) tahun ini," kata Agus lagi.

Pada kesempatan sebelumnya, Agus juga sempat mengatakan bahwa penting untuk sepeda motor dilakukan standardisasi baterai supaya ada keseragaman di seluruh Indonesia.

Baca juga: Jokowi Optimistis Mobil Listrik Akan Jadi Masa Depan Indonesia

Baterai Motor listrik Honda EM1 e:Dok. AHM Baterai Motor listrik Honda EM1 e:

Sehingga, pengendara motor listrik memiliki kepercayaan untuk melakukan pengisian daya di berbagai Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang tersebar di Tanah Air.

"Yang saya inginkan, visi saya itu, di semua SPKL yang ada di republik, yang ada di Indonesia, itu menyediakan satu standar baterai yang sama. Sehingga pengendara motor listrik dari Aceh, dia bisa dengan nyaman berkendara listriknya sampai ke Papua, karena apa? Karena dia nyakin bahwa semua SPKL yang ada di dalam perjalanannya itu menyediakan standar yang sama, tidak hanya untuk satu merk tertentu," ujarnya saat jumpa pers akhir tahun di Bali, Kamis (28/12/2023).

Baca juga: Jokowi Mengaku Setiap Hari Naik Toyota Innova

Baterai motor listrik Electrum H5 mengusung model swapKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Baterai motor listrik Electrum H5 mengusung model swap

Untuk menggodok aturan itu, pihaknya melalui Direktorat Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika Kemenperin akan berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait, termasuk juga bersama PT PLN.

Agus menambahkan, standardisasi baterai motor listrik harus dilihat berdasarkan kebutuhan para pengguna, bukan dari hasil keputusan sebuah organisasi di tingkat atas.

"Saya ingin proses standardisasi baterai ini bottom up, bukan top down," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com