Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pabrik Daihatsu Kembali Produksi 12 Februari 2024

Kompas.com - 01/02/2024, 07:42 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Motor Corporation (TMC) mengumumkan pihaknya akan kembali memulai aktivitas produksi dan distribusi sejumlah produk kendaraan melalui anak usaha Daihatsu Motor Co. Ltd pada 12 Februari 2024 mendatang.

Keputusan tersebut seiring amanat Kementerian Pertahanan, Infrastruktur, Transportasi, dan Pariwisata Jepang (MILT) usai sempat menghentikan sementara kegiatan produksi mobil oleh Daihatsu.

"Kami meminta maaf kepada pelanggan yang telah mendukung Probox dan menunggu begitu lama kendaraan ini. Kami juga meminta maaf ke pemasok, diler, dan pihak terkait atas kekhawatiran yang ditimbulkan," tulis Toyota dalam keterangannya, Rabu (31/1/2024).

Baca juga: Fenomena Asmoro Jadi Ancaman Sopir Truk di Tanjung Priok

Tangkapan layar uji tabrak Daihatsu Rocky di Jepanghttps://www.nasva.go.jp Tangkapan layar uji tabrak Daihatsu Rocky di Jepang

Produk pertama yang akan memulai aktivitas produksi ialah Probox, kendaraan jenis wagon berukuran kecil yang memiliki kapasitas 2-4 penumpang. Mobil ini menggunakan mesin 1.5 liter 1NZ-FE, mesin yang juga digunakan pada Toyota Vios dan Yaris.

Sementara produk lainnya yang akan menyusul ialah, Mira e:s Atrai, Hijet (termasuk varian Cargo), Subaru Pleo Plus, Sambar (dan truk), serta Toyota Pixis Epoch, Pixis van, dan truk Pixis. Maka, total ada 10 kendaraan yang sudah diperbolehkan masuk lini produksi kembali.

Sebelumnya, pihak MILT meminta Daihatsu untuk menyetop produksi dan distribusi sementara kendaraan yang dibuat di seluruh pabriknya karena diindikasi terlibat skandal manipulasi data.

Tetapi setelah melakukan serangkaian pengujian kembali, beberapa produk dinyatakan sudah lulus standar Undang-undang Kendaraan Angkutan Jalan yang berlaku.

Baca juga: Bocoran Spesifikasi Mobil Listrik BMW iX1, Meluncur Sebentar Lagi

"Saat melanjutkan pengiriman dan produksi, kami akan berkomunikasi dengan perusahaan penjualan dan pemasok sekaligus membuat persiapan agar tidak ada lagi kebingungan," kata Daihatsu dalam keterangan resmi.

Berikut daftar 10 mobil yang sudah boleh berproduksi di pabrik Daihatsu Jepang:

1. Daihatsu Mira e:s
2. Toyota Pixis Epoch
3. Subaru Pleo Plus
4. Daihatsu Hijet Cargo
5. Daihatsu Atrai
6. Toyota Pixis Van
7. Subaru Sambar Van
8. Daihatsu Hijet Truck
9. Toyota Pixis Truck
10. Subaru Sambar Truck

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com