Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bersama GM, Honda Kembangkan Unit Daya Hidrogen untuk Mobil Baru

Kompas.com - 31/01/2024, 13:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Bersama General Motors (GM), Honda mengumumkan kerja sama produksi unit daya berbahan bakar hidrogen di Amerika Serika melalui Fuel Cell System Manufacturing (FCSM), LCC.

Unit daya berbahan bakar hidrogen yang dibanding memiliki kelebihan daya tahan, lantaran telah menggunakan bahan yang tahan korosi tinggi dan suhu rendah.

Rencananya, sistem ini akan digunakan pada kendaraan berbahan bakar hidrogen (FCEV) yang diluncurkan Honda pada 2024 ini.

Tak hanya itu, guna mengurangi biaya dalam pengembangan dan produksi yang diklaim sampai sepertiga, perusahaan telah melakukan berbagai hal seperti, pengurangan penggunaan jumlah logam mulia yang signifikan, peningkatan skala ekonomi melalui produksi besar, serta standardisasi sumber pengadaan suku cadang.

Baca juga: Suzuki Tepis Anggapan Desain Motor Mengikuti Selera India

Suheb Haq, Presiden FCSM mengatakan, awal produksi ini menandai tonggak penting bagi GM dan Honda dalam upaya menjadikan transportasi dan kebutuhan energi lainnya netral karbon.

Kerja sama Honda dan GM kembangkan mesin HidrogenHPM Kerja sama Honda dan GM kembangkan mesin Hidrogen

"Semua orang di FCSM bekerja sebagai satu tim dengan misi menyediakan sistem sel bahan bakar hidrogen yang terjangkau kepada pelanggan kami," ujap Suheb dalam keterangan resmi Honda, Senin (29/1/2024).

FCSM didirikan pada Januari 2017, dan merupakan perusahaan kerja sama pertama di industri otomotif yang fokus pada produksi sistem sel bahan bakar canggih.

Pabrik pembuatan baterai GM memiliki total investasi sebesar 85 juta dollar Amerika dan dibangun di atas tanah seluas 6.503 m2 yang berada di Brownstown, Michigan, Amerika Serikat.

Sedangkan untuk kerja sama Honda dan GM, telah terjalin sejak 2013 dalam pengembangan sistem sel bahan bakar dengan tujuan menghasilkan sistem yang lebih praktis dan berbiaya rendah untuk memperluas penggunaan dan kegunaannya di masa depan.

Baca juga: Honda Mempertimbangkan Produksi Mobil Sport Listrik

Kerja sama Honda dan GM kembangkan mesin HidrogenHPM Kerja sama Honda dan GM kembangkan mesin Hidrogen

"Kami telah menciptakan sistem produksi bertenaga yang mengintegrasikan kekuatan Honda dan GM. Kami telah mewujudkan sistem produksi massal berkualitas tinggi yang memperhatikan detail, dan berupaya memanfaatkan teknologi sel bahan bakar hidrogen di masa depan dan awal mulanya era hidrogen," ujar Tetsuo Suzuki, Wakil Presiden FCSM.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com