Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Fungsi Marka Garis Panah di Jalan Tol

Kompas.com - 26/01/2024, 18:12 WIB
Selma Aulia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Beredar video di sosial media Instagram yang mempertanyakan fungsi marka garis-garis panah di jalan tol.

Video tersebut diunggah oleh akun @yukkitapiknik dan giladiskonn, Senin (1/1/2024). Dalam unggahan tersebut terlihat mobil yang sedang melintasi marka garis-garis panah di jalan tol.

“Bapak-bapak, saya mau tanya.. Kalau di Crash Bandicoot atau Mario Kart, ngelewatin panah2 gini kan harusnya tambah cepet ya mobilnya. booster gitu. Kok saya tadi nggak ya,” tulis video tersebut.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Yuk Kita Piknik (@yukkitapiknik)

Lantas, apa sebenarnya nama dan fungsi marka tersebut?

Training Director Safety Defensive Consultant Sony Susmana mengatakan, marka tersebut adalah reducing speed.

“Ini marka namanya reducing speed, tujuan supaya pengemudi melambatkan kecepatannya,” ucap Sony kepada Kompas.com, Jumat (26/1/2024).

Sony mengatakan, reducing speed ini bekerja melalui informasi visual garis-garis yang menyempit dan dengan layer warna pada badan jalan.

Baca juga: Alasan Isuzu Indonesia Belum Menjual Kendaraan Niaga Listrik

Speed reducer di Tol CipaliDok. BPJT Speed reducer di Tol Cipali

“Reducing speed terdapat pada jalan toll setiap 30-40 km dan biasanya ada di jalan yang lurus,” ucap Sony.

Sony juga menjelaskan, reducing speed bertujuan untuk mengingatkan pengemudi supaya tidak ngantuk dan bahaya terkena highway hypnosis.

Sementara, berdasarkan unggahan Instagram @pupr_bpjt, Kamis (11/1/2024), Speed Reducer merupakan salah satu marka keselamatan yang penting bagi pengendara yang melintasi jalan tol.

Baca juga: Kesalahan yang Sering Dilakukan Pengemudi Mobil Matik

Berfungsi sebagai ilusi mata efek visual agar para pengguna jalan dapat mengurangi kecepatan kendaraan dan lebih berhati-hati dalam berkendara untuk menekan terjadinya kecelakaan.

Marka Speed Reducer ini dipasang di beberapa Jalan Tol seperti Jalan Tol Cipali, Jalan Tol Semarang - Solo, dan Jalan Tol Tangerang - Merak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com