Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Petualangan Daihatsu Terios Ke-7 Destinasi di Ternate dan Halmahera

Kompas.com - 26/01/2024, 13:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Daihatsu Terios kembali membuktikan ketangguhan dengan menjelajah tempat-tempat eksotik di Ternate dan Halmahera, Maluku Utara, selama lima hari.

Petualangan Terios 7 Wonders kali ini menyambangi tujuh destinasi, yakni Kedaton Kecil, Hutan Mangrove Guraping, Sungai Gaongo, Desa Talaga-Adat Dodengo, Teluk Jailolo, Danau Tolire, dan Pantai Jikomalamo.

Total perjalanan yang redaksi lakukan bersama rekan-rekan media lainnya, berdasarkan informasi yang tertera pada MID sejauh 419 kilometer (km).

Sedangkan karakter medan yang dilalui, baik di Ternate maupun Halmahera, didominasi rute perbukitan dan berkelok.

Baca juga: Isuzu Bilang Toyota Rangga Bukan Pesaing Traga

Unit yang digunakan merupakan Daihatsu Terios facelift. Namun, dalam petualangan kali ini, semua menggunakan transmisi manual.

Daihatsu Terios 7 Wonders Ternate-HalmaheraKOMPAS.com/STANLY RAVEL Daihatsu Terios 7 Wonders Ternate-Halmahera

Perjalanan dimulai dengan mengeksplorasi Kedaton Kecil yang menjadi destinasi bersejarah kesultanan Ternate, di lereng gunung Gamalama. Selanjutnya menuju Benteng Tolukko.

Destinasi kedua langsung ke Hutan Mangrove Guraping di Sofifi, Maluku Utara. Untuk menuju lokasi, rombongan harus menyeberangi Pulau Halmahera menggunakan kapal Feri.

Wonders ke tiga dan keempat dilakukan dengan menjelajah ke Sungai Gaongo dan Desa Talaga-Adat Dodengo yang memiliki jarak tempuh cukup jauh dari Jailolo.

Terletak di Kecamatan Ibu, kedua destinasi ini memberikan tantangan yang menarik untuk menguji ketangguhan Terios.

Baca juga: Seberapa Irit BBM Terios Saat Bertualang di Ternate dan Halmahera?

Daihatsu Terios 7 Wonders Ternate-HalmaheraADM Daihatsu Terios 7 Wonders Ternate-Halmahera

Rutenya beragam, dari jalan menanjak, turunan tajam dengan dimensi jalan yang minim, sampai harus melewati medan tanah basah. Kondisi tersebut mampu dilalui Terios tanpa kendala.

Untuk tujuan berikutnya, tim Terios 7 Wonders menikmati keindahan alam bawah laut di Teluk Jailolo yang juga menawarkan pemandanan menarik berupa pantai pasir putih, laut yang jernih, dan hutan hijau.

Sementara untuk dua destinasi terakhir, tim bergegas kembali ke Ternate dengan melewati jalan menantang seperti di awal, lalu diteruskan menyeberang menggunakan kapal feri.

Wonders 6 berada di Danau Tolire Besar dan Kecil yang merupakan dua perairan dengan pemandangan memukau yang memanjakan pengunjung. Meski rutenya tak seberat di Halmahera, namun Terios tetap mampu memberikan kenyamanan bagi pengendara dan penumpang.

Baca juga: Minat Jimny 5 Pintu, Siapkan Dana Sekian untuk Booking Fee

Daihatsu Terios 7 Wonders Ternate-HalmaheraADM Daihatsu Terios 7 Wonders Ternate-Halmahera

Terakhir, tim kspedisi menuju Pantai Jikomalamo yang tak hanya menampilkan pemandangan indah, tapi juga menawarkan keindahan terumbu karang.

Keragaman hayati laut yang melimpah menciptakan pengalaman menyelam yang luar biasa dan menjadikan pantai ini destinasi yang sempurna bagi para penyelam atau penggemar keindahan bawah laut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com