Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komparasi BYD Dolphin dan MG4 EV, Mana yang Lebih Baik?

Kompas.com - 22/01/2024, 09:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Persaingan mobil listrik di rentang harga Rp 400 juta sampai Rp 500 juta semakin meriah.

Pada pertengahan Januari 2024, MG mengumumkan harga MG4 EV yang sudah dirakit dalam negeri dengan harga Rp 433 juta. Tak berselang lama, merek mobil listrik asal China BYD meluncurkan Dolphin yang kabarnya akan dijual dengan rentang harga Rp 450 juta.

Jika benar BYD Dolphin dijual dengan harga Rp 400 jutaan, maka bisa berada di segmentasi yang sama seperti MG4 EV.

Baca juga: Musim Hujan Sering Banjir, Sebaiknya Mobil Pakai Semprot Anti Karat

Bicara soal dimensi, BYD Dolphin memiliki ukuran panjang 4.290 mm, lebar 1.770 mm, dan tinggi 1.570 mm, dengan jarak sumbu roda 2.700 mm. Sementara untuk MG4 EV memiliki dimensi panjang 4.287 mm, lebar 1.836 mm, dan tinggi 1.515 mm, dengan jarak sumbu roda 2.705 mm.

Artinya, secara dimensi antara BYD Dolphin dan MG4 EV tidak berbeda jauh. MG4 EV sedikit lebih lebar dari BYD Dolphin, tapi tidak lebih lebar dan tinggi.

Secara tampilan eksterior, BYD Dolphin memiliki desain layaknya mobil konvensional, tidak terlihat unsur futuristis ala mobil listrik.

Desain fascia dibuat seperti ada gril dengan logo BYD di bagian tengah. Sementara sektor pencahayaan terdapat LED dengan desain L shape.

Mobil listrik MG4 EVKompas.com/Adityo Mobil listrik MG4 EV

Sedangkan tampilan MG4 EV cukup agresif, didominasi dengan lampu depan LED yang menyipit dan sudah terintegrasi dengan Daytime Running Light (DRL) serta mengadopsi teknologi LED.

Kabin BYD Dolphin terlihat canggih dan modern, dibekali jok kulit sintetis, sistem infotainment layar sentuh berputar 12,8 inci, kemudian sistem navigasi, dan enam speaker huat, dan rem parkir elektronik.

Sementara kabin MG4 EV tampil minimalis. Desain dasbor terlihat bersih dari instrumen dan tombol-tombol fisik. Layar head unit juga tidak terlalu besar hanya berukuran 7 inci dan terpisah dengan panel instrumen.

Baca juga: Soal Razia Knalpot Brong, Pengamat Difabel Apresiasi Pihak Kepolisian

Soal daya jelajah atau jarak tempuhnya. BYD Dolphin disajikan dengan dua varian, untuk yang Dynamic Standar Range dibekali dengan baterai berkapasitas 44,9 kWh yang mampu menempuh jarak tempuh 410 Km.

Tipe Premium Extended Range dibekali baterai berkapasitas 60,48 kWh yang mampu menempuh jarak hingga 490 Km.

Sedangkan untuk MG4 EV memiliki dua varian yakni Ignite dan Magnify i-Smart. Daya jelajah maksimal kedua varian tersebut tidak berbeda yakni 425 Km.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com