Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjualan Suzuki Carry Moncer Sepanjang 2023

Kompas.com - 20/01/2024, 10:22 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mencatat pencapaian signifikan selama 2023. Terutama untuk produk New Carry yang bermain di segmen niaga atau komersial ringan.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Carry jadi salah satu produk yang mendominasi dan mengungguli penjualan kendaraan komersial ringan secara nasional dengan pencapaian ritel 44.391 unit selama satu tahun.

Jumlah penjualan tersebut diklaim juga sekaligus berkontribusi sebesar 54 persen terhadap penjualan ritel Suzuki secara keseluruhan.

Baca juga: Gran Max Kuasai Penjualan Daihatsu di Indonesia Bagian Timur

Randy R. Murdoko, Asst. to Dept. Head of 4W Sales PT SIS mengatakan, selain kendaraan passenger yang turut memberikan catatan penjualan positif terutama pada segmen hybrid, model komersial Suzuki, yakni New Carry juga merajai penjualan retail kendaraan komersial ringan secara nasional.

Suzuki Carry PikapDok. SIS Suzuki Carry Pikap

"Sepanjang 2023, New Carry berhasil mendominasi market share penjualan low pick up nasional sebesar 49 persen. Tentu ini merupakan suatu kebanggaan, selain karena sukses memikat pelanggan melalui keunggulan yang ditawarkan, Carry juga berhasil jadi kendaraan niaga yang diandalkan banyak pelaku usaha di Tanah Air," kata Randy dalam keterangan resminya, Jumat (19/1/2024).

Terkereknya penjualan Carry sepanjang 2023 tak lepas dari peran pertumbuhan ekonomi Indonesia yang turut meningkatkan produktivitas bisnis pelanggan komersial Suzuki. Dari dari Bank Indonesia (BI), pertumbuhan ekonomi pada tahun lalu memang menunjukkan hasil positif, yaitu berada pada kisaran 4,5-5,3 persen.

Menurut Randy, banyak konsumen memilih Carry karena banyak keunggulan. Salah satu yang menarik adalah daya angkut yang sebesar 1 tahin, ukuran bak yang luas, serta biaya pembelian dan kepemilikan yang terjangkau.

Dengan modal kinerja tangguh, efisiensi bahan bakar, dan desain praktisnya, Carry banyak diminati pelaku bisnis dan pengusaha di beberapa daerah. Dari Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) yang menjadi kontributor utama penjualan sebesar 27 persen.

Baca juga: Rapor Penjualan Suzuki Akhir 2023, Produk Hybrid Mendominasi

Selain itu Carry juga digemari di wilayah Jawa Tengah & Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, serta Bali karena fungsionalitasnya dalam mendukung bisnis para wirausahawan sehari-hari.

Suzuki Carry Pikapbanggawan Suzuki Carry Pikap

Pada Desember 2023 lalu, penyerapan pasar Carry juga meningkat sebesar 26 persen. Kondisi ini membuat Suzuki optimis menujukkan komitmen dalam memberikan produk dan layanan terbaik untuk konsumen.

"Peningkatan penjualan pada bulan Desember serta hasil yang positif terhadap total penjualan New Carry membawa semangat bagi Suzuki untuk memasuki tahun yang baru," ujar Randy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com