Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tren Aksesori Lampu Mobil, mulai Rp 1 Jutaan

Kompas.com - 19/01/2024, 11:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Modifikasi mobil memang tidak ada habisnya. Saat ini, tren yang cukup ramai dilakukan para pemilik mobil adalah mempercantik sisi penerangan kendaraan, dari pasang lampu tambahan sampai ganti lampu kabut atau fog lamp.

Sugeng, Teknisi dari Berkah Auto di MGK Kemayoran bilang, saat ini modifikasi lampu yang paling banyak dicari adalah dengan memasang mini proyektor atau mini proji.

"Mini proji yang lagi ramai, biled juga yang kecil biasa dipasang ke gril. Biasanya untuk tembak (high beam), karena tidak bisa diarahkan," ucap Sugeng kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Modal Rp 2,5 Juta Ubah Lampu Innova Reborn Lebih Terang pakai Biled

Lampu Biled di Innova Reborn KOMPAS.com/FATHAN Lampu Biled di Innova Reborn

Biasanya, lampu yang bentuknya kecil tapi terang ini dipasang ke bagian gril. Jadi dudukannya atau bracket harus disetel dulu ketinggiannya biar tidak menyilaukan orang lain.

Selain itu, ramai juga yang meningkatkan kemampuan dari fog lamp mobil. Misal dari ganti bohlam ke LED atau biar lebih maksimal jadi biled juga yang pakai proyektor, biar sebaran sinarnya merata.

"Ukuran proyektor (biled) buat foglamp lebih kecil, harga mulai Rp 1,9 jutaan," kata Sugeng.

Baca juga: Populasi Kendaraan Listrik Makin Banyak, Shell Mengaku Tidak Khawatir


Kemudian buat yang mau bikin keren tongkrongan mobil, bisa dengan ganti lampu DRL standar. Biasanya dari yang warnanya putih, bisa diubah jadi warna lain atau bahkan gonta-ganti sendiri karena pilihan warna yang banyak.

"DRL dari harga Rp 1,2 juta sampai Rp 1,8 juta. Kayak Pajero, Fortuner baru yang GR, dia sudah ada DRL kan, putih tuh, biasanya diganti jadi warna-warni," kata Sugeng.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com