Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ulas Interior Mitsubishi XForce

Kompas.com - 18/01/2024, 11:22 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Segmen Sport Utility Vehicle (SUV) makin gemuk, tak sedikit pabrikan mobil yang terus menambah varian SUV termasuk segmen SUV B untuk menggaet konsumen Indonesia.

Salah satu yang ikut terjun di segmen SUV ringkas ialah Mitsubishi dengan meluncurkan Mitsubishi XForce di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023.

Baca juga: Pebalap Tester Yamaha Pesimis Bisa Juara di MotoGP 2024

Mobil yang merupakan versi produksi dari The New SUV ini bertarung dengan sejumlah nama yang juga hadir, mulai dari Hyundai Creta, Honda HR-V dan juga Toyota Yaris Cross.

Mitsubishi XForceFoto: KOMPAS.com/Adityo Wisnu Mitsubishi XForce

Jika sebelumnya redaksi sudah mengulas mengenai desain dan fitur, maka kala ini akan fokus pada interior. Sebab kabin mobil merupakan bagian penting dari nilai keseluruhan mobil.

Interior XForce, hadir dalam dua pilihan warna yakni putih melange - moka, dan hitam. Namun, untuk mobil yang redaksi pakai yaitu XForce Ultimate memakai warna melange - moka.

Secara keseluruhan redaksi menilai suasana kabinnya terlihat sporty dan modern. Jok dibungkus kulit dengan material kulit sehingga menciptakan kesan elegan. Namun di dashboard pakai bahan kain warna terang yang membuat tampilannya lebih "ringan."

Setir menggunakan desain palang tiga yang dilapisi dengan kulit dan dihiasi audio steering switch. Bentuk transmisinya terlihat sporty tapi masih simpel.

Baca juga: Pertamina Sebut Pertamax Green 92 Pengganti Pertalite Masih Dikaji

Mitsubishi XForceFoto: KOMPAS.com/Adityo Wisnu Mitsubishi XForce

Menariknya tombol auto hold dan rem tangan (electronic parking brake) terletak di bagian kiri tuas persneling, sedangkan di bagian kanan untuk pilihan mode berkendara (Normal, Wet, Gravsel, dan Mud).

Catatan redaksi hal itu membuat tuas rem tangan jadi lebih jauh dari posisi mengemudi. Padahal mungkin pengemudi lebih sering memerlukan rem tangan terutama di kota besar yang macet ketimbang memindahkan pilihan mode berkendara.

Di bagian dashboard XForce dimeriahkan dengan head unit 12.3 inci yang bisa tersambung dengan smartphone dan sudah terintegrasi dengan Apple Carplay dan Android Auto.

Sedangkan untuk MID dibekali layar 8 inci. Kedua layar ini terhubung layaknya kebanyakan desain mobil jaman sekarang.

Baca juga: 6 Faktor Penyebab Terjadinya Aquaplaning

Mitsubishi XForceFoto: KOMPAS.com/Adityo Wisnu Mitsubishi XForce

Kemudian salah satu kelemahan XForce dibandingkan pesaing ialah belum dibekali sunroof atau panoramic roof. Meskipun, pihak manajemen Mitsubishi mengaku fitur tersebut bukan jadi pilihan utama konsumen.

XForce memiliki dimensi panjang 4.390 mm, lebar 1.810 mm, tinggi 1.660 mm, wheelbase 2.650 mm, dan ground clearance 222 mm.

Dimensi ini membuatnya punya ruang kabin suntuk houlder room, leg room dan hip room yang terluas di kelasnya. Redaksi yang punya postur 168 cm dan mencoba duduk di belakang setuju bahwa ruang penumpang belakang sangat luas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com