Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paket Modifikasi Double Kabin Ala Mobil Tambang, Tak Sampai Rp 20 Juta

Kompas.com - 18/01/2024, 10:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pikap kabin ganda atau double cabin  (dcab) merupakan kendaraan niaga yang biasa ditemui di area tambang sampai perkebunan. Walau begitu, tidak sedikit juga yang menggunakannya di area perkotaan.

Dcab yang digunakan di area tambang biasanya sudah diubah dari bagian eksterior. Bumper depan sudah diganti bull bar, ada roll bar di bak, bumper belakang, sampai tiang bendera, lampu rotary, dan radio rig.

Gaya modifikasi tersebut ternyata unik juga kalau mau diaplikasikan ke dcab yang dipakai di perkotaan. Nantinya seperti mobil tambang yang sedang liburan ke kota.

Baca juga: Harga Double Cabin Bekas Awal 2024, Ranger mulai Rp 55 Jutaan

Bull bar atau juga disebut push bumper merupakan aksesoris mobil yang dipasang pada bemper depan dan berbahan besi. 
KOMPAS.com/Gilang Bull bar atau juga disebut push bumper merupakan aksesoris mobil yang dipasang pada bemper depan dan berbahan besi.

Khoirul dari Pandawa Accesories di MGK Kemayoran menjelaskan, modifikasi dcab jadi spesifikasi tambang bisa ditebus dengan harga yang murah, bisa di bawah Rp 10 juta.

"Sekarang sudah ada yang lokal, lekukannya berbeda. Harganya beda jauh sama yang impor, malah satu bull bar impor bisa dapat satu set," kata Khoirul kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Pebalap Tester Yamaha Pesimis Bisa Juara di MotoGP 2024


Misal untuk bull bar depan, harganya mulai Rp 5 juta sampai Rp 6 juta. Kemudian roll bar yang ada di bak harganya Rp 3,5 juta, dan bumper belakang sampai tiang bendera bisa dibeli dengan harga mulai Rp 1 jutaan.

"Rp 9,5 juta sudah komplet, ditambah lampu rotary (kuning) kalau mau," kata Khoirul.

Sebenarnya modifikasi ala mobil tambang ini juga fungsional kalau dipakai buat off road. Bumper depan yang diganti jadi bull bar membuat sudut kedatangan atau aproach angle lebih besar, mudah melibas jalan terjal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com