Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BYD dan VinFast Tampil di IIMS 2024

Kompas.com - 15/01/2024, 16:33 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pameran otomotif tahunan Indonesia International Motor Show (IIIMS) 2024, siap digelar pada 15-25 Februari 2024.

Gelaran ini akan dihadiri dengan sejumlah merek otomotif terbaru. Dua diantaranya adalah pabrikan mobil listrik Build Your Dreams (BYD) dan VinFast. Kepastian ini diungkapkan oleh Project Manager IIMS 2024 Rudi MF.

“Sudah dikonfirmasi, BYD dan VinFast ikut di IIMS 2024,” ucap Project Manager IIMS 2024 Rudi MF, saat ditemui Kompas.com, di Jakarta, Senin (15/1/2024).

Baca juga: Mesin Lexi Jadi 155 cc, Yamaha Klaim Konsumsi BBM Tetap Irit

BYD merupakan merek mobil listrik asal China. Merek tersebut dikabarkan akan membawa beberapa model mobil listriknya, seperti Atto 3, Dolphin, dan Seal. Ketiga mobil tersebut sudah sempat seliweran di media sosial sedang diangkut menggunakan truk.

BYD Atto 3 merupakan kendaraan di segmen crossover, dibekali baterai berkapasitas 60,48 kWh, mobil ini bisa menempuh jarak sekitar 480 Km.

Sementara untuk BYD Seal bermain di segmen sedan sport. Mobil yang dibekali motor listrik tunggal ini bisa menempuh jarak sejauh 580 Km berdasarkan pengetesan standar NEDC.

Sedangkan untuk BYD Dolphin punya dua tipe yakni Dynamic Standard Range dan Premium Extended Range. Untuk tipe standar mampu menghasilkan jarak tempuh 410 Km, sedangkan tipe Extended menawarkan jangkauan hingga 490 Km.

VinFast VF 3dok.VinFast VinFast VF 3

Adapun untuk VinFast merupakan produsen mobil listrik asal Vietnam. Sedikitnya ada tiga produk yang siap menjalani debut di RI yaitu VF e34, VF5, dan VF6.

Ketiga mobil itu merupakan model ikonik perusahaan yang menyasar kelas menengah. Bahkan, VF e34 merupakan produk pertama VinFast.

VF e34 ditenagai motor listrik dan menggunakan baterai 42 kWh yang bisa merilis arus listrik bertenaga 110 kW (147 hp) dan torsi puncak 242 Nm. Baterainya dapat diisi ulang penuh dalam waktu sekitar 30 menit saja dengan fast charging.

Baca juga: Tarif Pajak Progresif Baru di DKI Jakarta Mulai Berlaku 2025

Sementara VF 5 electric merupakan kendaraan perkotaan bergaya SUV dari VinFast Group. Kendaraan ini mampu menghembuskan tenaga puncak 100 kW atau 134 dk dan torsi puncak 135 Nm. Tenaga dihasilkan dari motor penggerak yang disalurkan dari baterai lithium ion berkapasitas 37,23 kWh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com