Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fuso Jadi Andalan Pengusaha di Sumatera Barat

Kompas.com - 15/01/2024, 18:01 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

BUKITTINGGI,  KOMPAS.com - Kendaraan niaga tidak bisa terlepas dari mobilitas kegiatan bisnis, begitu juga untuk bisnis perikanan milik Romi Arianto. 

Pengusaha  tambak ikan air tawar dari PT Bromed Era Romansa berlokasi di Danau Maninjau, Sumatera Barat itu mengatakan, sejak merintis usahanya selalu setia dengan kendaraan niaga dari Mitsubishi Fuso

Romi mengatakan, bisnisnya sudah dimulai sejak tahun 1992, namun dirinya baru menggunakan kendaraan dari Fuso pada tahun 1997. 

Sejak saat itu dirinya terus menggunakan kendaraan dari Fuso untuk menunjang bisnisnya dalam mengantar ikan ke Riau atau Jambi dan sekitarnya. 

"Perjalanan saat mengantarakan ikan ini sangat panjang dan berliku, terutama ke Jambi yang memakan waktu hingga 15 jam. Maka perlu kendaraan niaga yang tangguh dan andal, sehingga kami memilih Fuso," kata Romi kepada Kompas.com, Kamis (15/1/2024). 

Baca juga: Fuso Canter FE 84GS Jadi Varian Andalan untuk Bisnis Logistik

Romi mengatakan diarinya saat ini sudah punya sembilan unit kendaraan niaga dari Mitsubishi Fuso yaitu  FE 74S sebanyak enam unit, FE HDSN satu unit, FE 84 GSN satu unit dan FE 71 satu unit. 

Tidak hanya tanggung untuk mengantar muattan dalam melibas jalan di jalur Sumatera yang terkenal ekstrem, pilihan Romi kepada kendaraan niaga dari Fuso lantaran menurutnya untuk perawatan, perbaikan dan layanan after sales-nya mudah. 

Mitsubishi Fuso Canter KOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Mitsubishi Fuso Canter

Baca juga: Video Xenia Gagal Nanjak di Tanjakan Spongebob, Tabrak Tembok Rumah

Tidak hanya itu, nilai jual kembali kendaraan ini juga tinggi di pasaran. Sehingga Romi bisa memperbaharui kendaraan pada lima tahun sekali agar operasional pengiriman ikan lebih tepat waktu. 

“Kita memang pembaruan kendaraan setiap lima tahun sekali, sebab kita butuh truk baru dengan kondisi yang prima untuk pengantaran ikan dengan kualitas yang baik dan tepat waktu,” jelas Romi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com