Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Listrik Hasil Konversi Diklaim Tahan Banjir

Kompas.com - 15/01/2024, 08:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Awal 2024 ditandai dengan datangnya musim hujan dan terjadinya banjir di beberapa wilayah. Kondisi semacam ini dianggap jadi momok tersendiri bagi pemilik motor listrik, khususnya yang berjenis konversi.

Sebab masih tergolong konsep teknologi baru dan implementasinya di Indonesia belum lama, masih banyak masyarakat yang sangsi terhadap daya tahannya.

Pertanyaan seputar kualitas dan usia pakai juga kembali mencuat di musim hujan. Apakah motor listrik konversi sanggup menghadapi situasi cuaca basah dan ekstrem?

Muhammad Bagas Kamal, Lead Engineer Perusahaan Konversi PT Nagara Sains Ekosistem (Nagara) menjelaskan, motor-motor konversi lansiran terbaru punya daya tahan tinggi terhadap cuaca, baik itu panas dan kering ataupun dingin dan basah.

Baca juga: Ini yang Bikin Mobil Listrik Kuat Nanjak dan Aman Melibas Turunan

Paket konversi motor listrikKompas.com/Daafa Alhaqqy Paket konversi motor listrik

“Setidaknya untuk motor listrik konversi buatan kami (Nagara), kualitasnya dijamin baik dan tahan menghadapi musim hujan. Seharusnya motor konversi (buatan bengkel) lainnya pun sama,” ucapnya kepada Kompas.com di Jakarta, Sabtu (13/1/2024).

Bagas menjelaskan, ada beberapa poin yang melatarbelakangi klaim tersebut. Mulai dari teknologi baterai, lapisan dinamo, dan sensor pengaman lainnya.

Baterai motor listrik konversi yang tersedia di Indonesia mayoritas merupakan buatan China. Sebagai salah satu syarat kelayakan produksi, komponen ini wajib memiliki sertifikasi Ingress Protection Rating (IP Rating) minimal IP 67.

Baca juga: Alami Aquaplaning, Honda Brio Melintir di Jalan Tol

Paket konversi motor listrik buatan Nagara. Jadi yang termurah setelah disubsidi, harga Rp 4 jutaKompas.com/Daafa Alhaqqy Paket konversi motor listrik buatan Nagara. Jadi yang termurah setelah disubsidi, harga Rp 4 juta

“Maksudnya IP 67 adalah daya tahan terhadap debu dan cairan. Angka ‘6’ artinya tahan dari semua debu, dan angka ‘7’ artinya tahan air dan kuat direndam,” kata dia.

Dinamo penggerak yang biasanya terletak di bagian pelek belakang atau tengah motor juga punya pelindung, yakni sekat karet khusus seperti pada komponen baterai.

“Kabel-kabel juga terlindungi pakai sekring, jadi semisal ada masalah elektrikal, komponen pentingnya, jantungnya si motor listrik ini masih aman. Cuma sekring saja yang kena,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com