Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengendara Motor, Setop Bawa Sandal Cadangan Saat Hujan!

Kompas.com - 14/01/2024, 16:47 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Musim hujan pengendara sepeda motor biasanya sudah menyiapkan sandal jepit di bagasi. Sandal tersebut akan dipakai saat kondisi hujan deras agak sepatu tidak basah.

Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana, diler motor Honda Jakarta-Tangerang, mengatakan, menggunakan sandal saat mengendarai motor di tengah hujan sama juga tidak sayang kaki sendiri.

Baca juga: Viral, Video Motor Bablas Masuk Tol Jagorawi di Bogor

Ilustrasi sandal jepit.UNSPLASH/ALEX AZABACHE Ilustrasi sandal jepit.

"Memang banyak pengendara yang lebih memilih menyelamatkan sepatunya daripada kaki. Sehingga ketika hujan malah mengurangi perlengkapan yang digunakan bahkan ada yang tidak menggunakan alas kaki supaya sepatunya tidak basah" kata Agus kepada Kompas.com, Minggu (14/1/2024).

Agus menekankan konsep keselamatan ialah mengurangi risiko cedera dalam kecelakaan. Maka menggunakan sandal dalam kondisi hujan bertentangan dengan konsep tersebut.

"Hal tersebut justru sangat beresiko karena ketika kondisi hujan maka potensi terjadinya kecelakaan cukup besar," ujarnya.

Baca juga: Update Daftar Harga Toyota Avanza Bekas per Januari 2024

Jas hujan ponco berbahaya bagi keselamatan berkendara Dicky Aditya Wijaya Jas hujan ponco berbahaya bagi keselamatan berkendara

"Sebaiknya sepatu tetap digunakan jika tidak ingin basah maka bisa menggunakan rain shoes agar sepatu tetap kering, karena bagaimanapun kaki kita lebih berharga daripada sepatu jika terjadi kecelakaan," katanya.

Agus mengatakan, agar maksimal pilih rain shoes yang punya kualitas baik. Pertama perhatikan bahannya tidak mudah tembus air, dan kedua pilih yang telapaknya karet sehingga tidak licin.

"Tergantung dari bahannya, ada beberapa yang memang tidak membuat licin," ujar Agus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com