Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Menghindari Jamur di Kaca Mobil Saat Musim Hujan

Kompas.com - 12/01/2024, 15:12 WIB
Selma Aulia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika musim hujan pemilik mobil harus lebih ekstra menjaga kebersihkan kendaraanya, khususnya kaca mobil yang rentan terhadap jamur.

Kaca mobil yang terus terkena hujan dan cenderung lembab biasanya menjadi tempat ideal untuk tumbuhan jamur, untuk itu pemiliknya perlu rutin membersihkannya.

Asst. to Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Hariadi mengatakan, bagi pemilik kendaraan harus rutin merawat kaca mobil supaya terhindar dari jamur.

Baca juga: Rekomendasi 5 Motor Sport Bekas Harga Rp 15 Jutaan, Ada GSX dan CBR

Jamur kaca mobilPeugeot Jamur kaca mobil

“Munculnya jamur di kaca mobil disebabkan air hujan yang menempel pada kaca mobil, kemudian mengering sendiri setelah terkena panas atau sinar matahari. Sehingga akan berbekas seperti kerak,” ucapnya dikutip dari Kompas.com, Jumat (12/1/2024).

Untuk melakukan pengecekan apakah ada jamur pada kaca mobil, pemilik bisa melihatnya pada malam hari.

Ketika jarak pandang pengendara kurang jelas ketika melihat objek lain saat malam hari, kemungkinan ada jamur pada kaca mobil.

Baca juga: Tombol Rahasia Tingkatkan Performa Mitsubishi XForce

Ilustrasi cuci mobilSIS Ilustrasi cuci mobil

Selain itu, pemilik juga bisa melakukan pengecekan secara langsung dengan mencuci mobil. Setelah kering dan bersih, lihat apakah ada bercak putih yang menempel dan tidak hilang ketika dibersihkan.

“Untuk menghindari timbul jamur di kaca mobil, saat terkena air hujan langsung bersihkan. Sebab, air hujan mengandung pH yang cenderung asam sehingga dapat mempengaruhi kondisi permukaan kaca mobil,” ucap Hariadi.

Hariadi juga mengingatkan, setelah mobil dicuci sampai bersih jangan lupa dikeringkan dengan baik.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Mobil dengan Fitur Traction Control Kebal Aquaplaning?

Perawatan kaca mobilIlustrasi Perawatan Kaca Mobil Perawatan kaca mobil

Namun, jika kaca mobil terlanjur berjamur, bisa dihilangkan dengan menggunakan cairan kimia pembersih khusus untuk perawatan kaca.

“Perlu diingat, pemilihan produk pembersih yang berkualitas baik dan tepat akan memberikan hasil yang optimal,” ucap Hariadi.

Hariadi juga mengatakan, jika ingin melakukan perawatan lebih besar dan perawatan berkala bisa membawa mobilnya ke bengkel resmi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com