Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Viral Aksi Sopir Bus Menaklukkan Turunan Saat Alami Rem Blong

Kompas.com - 11/01/2024, 08:42 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

 

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar video mengenai bus yang mengalami rem blong di jalan yang menurun. Cuplikan video yang diunggah oleh akun Instagram @rodapapat tersebut menuai perhatian lantaran kepiawaian sopir dalam menaklukkan jalan dengan kondisi rem yang bermasalah. 

Dengan sigap dan tenang, pengemudi berhasil mengarahkan bus masuk ke area cekungan tanah kosong dekat parkiran truk. Setelah itu bus langsung berhenti dan menyelamatkan para penumpang.

Berdasarkan keterangan video, lokasi kejadian tersebut di Panorama 2 Sitinjau Lauik, Sumatera Barat, Jumat (5/1/2024). 

Baca juga: 5 Mobil Bekas Harga Rp 120 Jutaan, Dapat Evalia hingga Honda City

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Herry Susanto (@rodapapat)

 

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, kejadian yang disebabkan oleh rem blong banyak terjadi pada bus. Oleh karena itu, pada situasi ini ada dua tindakan yang bisa dilakukan. 

"Tindakan pengemudi pada video sudah benar. Sebab, saat menghadapi rem blong tindakan yang bisa dilakukan pertama yaitu mengurangi laju kecepatannya dengan cara down shift gear dan memainkan parking brake sesekali. Lalu, diselingi deng bunyi klakson yang panjang," kata Sony kepada Kompas.com, Rabu (10/1/2024). 

Baca juga: Mobil Listrik Honda Pakai Logo Baru

Langkah yang kedua saat hadapi rem blong, sopir bisa mengarahkan ke lokasi yang kosong, alasnya sedikit menanjak dan berpasir. Ini biasanya ada jalur penyelamatan di area jalnan provinsi yang punya karakter turunan panjang.

"Jangan lupa, kondisi rem blong seperti ini juga harus dibarengi dengan informasi kepada penumpang supaya penumpang dalam posisi siap-siap," kata Sony. 

Sony juga mengimbau, cara penyelamatan yang kedua ini punya kemungkinan kecil untuk selamat. Sebab, karakter jalan di Indonesia yang relatif sempit, banyak pemotor yang tidak jaga jarak, dan banyaknya bangunan liar di sepanjang jalan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com