Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Pasang Casan Nirkabel di Mobil, Biaya Rp 1,5 Juta

Kompas.com - 10/01/2024, 09:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa mobil keluaran terbaru saat ini sudah dibekali dengan beberapa fitur canggih, salah satunya adalah casan nirkabel alias wireless charging. Fitur ini biasanya terletak di bawah head unit atau konsol tengah, seperti penyimpanan kecil.

Cara penggunaannya cukup mudah, pemilik kendaraan bisa menambah daya baterai ponsel dengan menaruh di atas wadah wireless charging. Namun, ada juga yang perlu menekan tombol yang berada di sekitar wireless charging.

Setelah ponsel diletakan atau tombol ditekan, indikator lampu akan muncul menandakan fitur wireless charger aktif. Layar ponsel pun akan memberikan notifikasi battery changing.

Baca juga: 5 Mobil Listrik yang Berpotensi Dapat Insentif Tahun Ini

Namun perlu diingat, fitur ini hanya bisa dipakai khusus untuk ponsel yang sudah ada sensor Near-field Communication (NFC) dengan wireless charging support.

Fitur wireless charging ini tentu bisa memudahkan pemilik kendaraan yang ingin mengisi daya baterai ponsel tanpa ribet menggunakan kabel.

Bagi Anda yang ingin menambahkan fitur tersebut, bisa memasang casan nirkabel aftermarket, seperti yang diniagakan oleh Bali Interior, toko aksesoris mobil di Mega Glodok Kemayoran, Jakarta Pusat.

Aksesori wireless chargingKompas.com/Nanda Aksesori wireless charging

Pemilik Bali Interior, Robby Tri Prayogo, mengatakan, saat ini banyak konsumen otomotif yang memasang perangkat wireless charging lantaran memudahkan pengemudi ketika ingin mengisi daya baterai ponsel.

Wireless charging banyak yang cari karena simpel, tak perlu ribet colok kabel, lebih enak di pakai tinggal di taruh saja dan pengisian daya lebih cepat,” ucap Robby, saat ditemui Kompas.com, di MGK Kemayoran, Selasa (9/1/2024).

Sayangnya, pemasangan aksesori wireless charging baru bisa dipasang pada mobil lansiran tahun 2021 ke atas.

Baca juga: Bolehkan Ganti Gigi Saat Mobil Melibas Tanjakan?

“Baru bisa di mobil-mobil tertentu saja, seperti Mitsubishi Pajero Sport, Toyota Fortuner, Toyota Innova, Mitsubishi Xpander. Hanya untuk mobil di atas tahun 2021,” kata Robby.

Robby melanjutkan, untuk pemasangan cukup mudah, tinggal mencolok kabel ke lighter, alias plug and play, tanpa mengubah kelistrikan.

“Pemasangannya tinggal colok ke lighter saja tanpa ubah kelistrikan. Setiap wireless charging itu sudah di custom berdasarkan jenis mobilnya, tinggal di taruh konsol box yang dudukannya sudah disesuaikan dengan mobil,” ucap Robby.

Menyoal harga, aksesori wireless charging dengan merek Otoproject ini dijual Rp 1,5 juta.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com