Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Alasan Aroma Kopi Jadi Tren Pengharum Kabin Mobil

Kompas.com - 09/01/2024, 16:21 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kabin mobil yang harum dan bersih tentunya membuat berkendara menjadi lebih nyaman. Apalagi saat ini sudah banyak beredar pengharum ruang kabin dengan ragam aroma yang dapat dipilih sesuai selera.

Pengharum kabin juga bisa menghilangkan bau tidak sedap di mobil. Misalnya yang menjadi tren beberapa tahun terakhir dan berlanjut hingga saat ini adalah aroma kopi.

Anthony Setiadi, Direktur Utama PT Tri Chemindo Ampuh (TCA) menjelaskan, aroma kopi jadi sugesti agar tidak mengantuk.

"Mengenai kabar aroma kopi bisa membuat orang tidak mengantuk itu rasanya sugesti. Kopi mengandung kafein yang bisa menaikan konsentrasi (efek ke saraf), tapi bukan dari aroma, harus penyerapan ke darah," kata Anthony kepada Kompas.com, Selasa (9/1/2024).

Unwan, pemilik toko aksesori mobil Kurnia Agung di sentra otomotif Pasar Palmerah, mengatakan, aroma kopi banyak dipilih oleh pemilik mobil pria atau wanita beberapa tahun ini karena cendrung netral. 

Baca juga: Spesifikasi Polytron Fox S, Motor Listrik dengan Harga Rp 9 Juta

"Aroma kopi tidak bikin pusing atau mual. Justru aroma ini katanya bikin pengendara jadi tidak mengantuk saat di mobil, karena seperti sedang menghirup segelas kopi yang bikin mata melek," katanya kepada Kompas.com di kiosnya yang berlokasi di Pasar Palmerah lantai 3 blok B 58-59, Jumat (5/1/2024).

Parfum mobil model spray berbahan alkoholFlickr/SuwandySie Parfum mobil model spray berbahan alkohol

Baca juga: Ingat Bahaya Aquaplaning Saat Berkendara di Musim Hujan

Pindah ke toko yang lain namun masih di area yang sama, salah satu penjaga toko aksesori mobil Karunia Jaya mengatakan, permintaan pasar terhadap permintaan pengharum kabin mobil aroma kopi meningkat drastis.

Ini membuat sejumlah merek lama dan merek baru meluncurkan varian pengharum aroma kopi. Jenisserta kemasan, ukuran dan harga yang ditawarkan juga sudah beragam. 

"Ada yang modelnya jeli, spray, digantung, yang bisa dipasang di kisi-kisi AC, ada juga yang mirip seperti kamper. Untuk harganya berbeda-beda tergantung ukuran dan juga merek," katanya kepada Kompas.com. 

Dia memaparkan, untuk pengharum kabin mobil aroma kopi bentuk jeli biasanya mulai dari Rp 30.000, model spray dan bisa digantung mulai dari Rp 20.000, yang bisa dipasang di AC mulai dari Rp 40.000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com