Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1,5 Juta Kendaraan Masuk Tol Trans Sumatera Selama Libur Nataru

Kompas.com - 07/01/2024, 14:41 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Jutaan kendaraan tercatat melalintas di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) selama libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru). Dalam rentang waktu dua pekan, dari 18 Desember 2023 hingga 3 Januari 2024, PT Hutama Karya (Persero) mencatat lebih dari 1.500.000 kendaraan melintasi JTTS.

Angka tersebut mengalami peningkatan hingga 38 persen jika dibandingkan Volume Lalu Lintas (VLL) normal dan 52 persen jika dibandingkan Nataru tahun 2022/2023.

Angka ini merupakan total VLL dari 9 ruas JTTS yang beroperasi penuh, yaitu Tol Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung (Terpeka), Tol Palembang - Indralaya (Palindra), dan Tol Indralaya - Prabumulih (Inpra).

Baca juga: Begini Cara Mengerem yang Benar agar Ban Motor Tidak Selip di Jalan Basah

Antrian kendaraan di Gerbang Tol Bangkinang di ruas Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang Hutama Karya Antrian kendaraan di Gerbang Tol Bangkinang di ruas Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang

Lalu, Tol Bengkulu - Taba Penanjung (Bengtaba), Tol Pekanbaru - Dumai (Permai), Tol Pekanbaru - Bangkinang (Pekbang), Tol Binjai - Langsa Seksi 1 & 2 (Binjai – Kuala Bingai), Tol Indrapura – Lima Puluh, dan Tol Sigli - Banda Aceh Seksi 2 – 6 (Seulimeum - Baitussalam).

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo, mengatakan, jalan tol yang memiliki trafik tertinggi terdapat di Tol Pekanbaru - Dumai sebanyak 303.446 kendaraan.

“Tingginya trafik di tol ini diperkirakan karena besarnya minat masyarakat dari Pekanbaru yang akan berlibur ke Melaka melalui Pelabuhan Internasional Dumai ataupun sebaliknya,” ujar Tjahjo, dalam keterangan resmi (6/1/2024).

Baca juga: Tarif Tol Cijago Naik Hampir 2 Kali Lipat

"Banyak masyarakat Dumai yang merayakan libur tahun baru di Pekanbaru,” kata dia.

Sementara untuk dua tol fungsional yang dibuka guna mendukung kelancaran Nataru adalah Tol Kuala Bingai – Tanjung Pura, yang mempersingkat akses dari Langsa ke Binjai, dilalui 62.000 kendaraan dari 23 Desember 2023 hingga 10 Januari 2024.

Sedangkan Tol Bangkinang – Koto Kampar, yang menghubungkan Provinsi Riau dan Sumatera Barat, dilintasi 12.000 kendaraan selama periode 24 Desember 2023 hingga 3 Januari 2024.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Menarik Rem Tangan Tidak Boleh sampai Bunyi?

Jalan tol trans Sumatera (JTTS) ruas Kuala Tanjung - Tebing Tinggi - Parapat akan dibuka fungsional tanpa tarif/ gratis untuk mendukung kelancaran arus mudik selama libur lebaran 2023.Dok. PT Hutama Marga Waskita Jalan tol trans Sumatera (JTTS) ruas Kuala Tanjung - Tebing Tinggi - Parapat akan dibuka fungsional tanpa tarif/ gratis untuk mendukung kelancaran arus mudik selama libur lebaran 2023.

“Kendaraan yang melintas pada kedua jalan tol fungsional tersebut didominasi oleh kendaraan Golongan I atau kendaraan pribadi,” ucap Tjahjo.

"Dengan trafik yang signifikan tersebut, terlihat antusias tinggi pengguna jalan tol menggunakan JTTS sebagai jalur alternatif guna mempermudah akses antar kota maupun antar provinsi di Sumatera,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com